Waspadai Gejala Kanker Serviks

Tidak ada komentar 87 views

Surabaya, (DOC) – Kanker serviks banyak ditemui belakangan ini menyerang mulut rahim wanita. Jumlah penderitanya cukup banyak. Untuk deteksi dini kanker serviks paling efektif memakai alat Pap smear. Alat ini secara rinci dapat mendeteksi adanya sel abnormal, sekaligus menentukan jenis sel kanker yang menyerang.
Deteksi dini kanker serviks baiknya dilakukan secara rutin tanpa perlu menunggu adanya gejala. Namun, kalau Anda menemukan beberapa tanda berikut di area vagina, ada baiknya memeriksakan kondisi organ kemaluan untuk mendiagnosa penyebabnya. Siapa tahu hal tersebut gejala kanker serviks.
Terjadi pendarahan tidak normal pada vagina. Darah yang keluar bisa banyak atau sedikit. Hanya saja, pendarahan ini dapat terjadi selama sebulan bahkan lebih. Kalau pun terjadi waktu haid, maka haid berlangsung cukup lama. Jika demikian, Anda perlu melakukan tes kanker serviks.
Mengalami keputihan yang tidak wajar. Keputihan yang keluar dari vagina cenderung busuk, lebih kental, dan ada lendirnya. Penyebab keputihan memang beragam. Namun ada baiknya diperiksakan untuk memastikan diagnosanya.
Panggul terasa cukup nyeri. Ini bisa disebabkan kondisi kanker sudah mulai tahap lanjut. Nyeri ini tidak terjadi pada saat haid dan kemungkinan terjad dalam beberapa jam.
Rasa sakit kala buang air kecil. Bisa saja ini pertanda adanya infeksi salurah kemih (ISK), namun tidak menutup kemungkinan gejala kanker. Bila hal itu tanda kanker, maka diduga sel kanker sudah menjalar sampai kandung kemih.
Berhubungan intim terasa sakit dan muncul darah. Penderita kanker serviks yang sudah stadium lanjut kurang nyaman untuk seks. Iritasi di leher rahim menimbulkan darah saat tergesek dengan kepala penis. Ini yang turut membuat rasa nyeri. Dalam beberapa kasus, kanker serviks kerap muncul pada wanita yang sering berganti pasangan. (sdm/r4)