Wow! DPT Surabaya Berkurang

Tidak ada komentar 172 views

Surabaya, (DOC) – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Surabaya untuk Pemilu 2014, jauh berbeda dengan jumlah DPT saat Pilgub Jatim 2013. Hal ini lantaran ada ‘pembersihan’ besar-besaran dari Kementerian Dalam Negeri atas jumlah pemilik KTP di Surabaya melalui program e-KTP-nya.
Disampaikan Kasubbag Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Surabaya Nurita Paramitha, jumlah DPT untuk Pemilu 2014 itu lebih sedikit dari DPT saat Pilgub Jatim 2013. Hal ini tentu tak masalah, sebab saat DPT Pilgub Jatim dikeluarkan, masih belum ada pembersihan tersebut.
“Untuk DPT Pilgub Jatim jumlah penduduk Surabaya yang berhak memilih sebanyak 2.125.000. Sementara setelah ada pembersihan data, jumlahnya tinggal 2.013.000 untuk DPT Surabaya,” ujar Nurita.
Pembersihan data itu terkait adanya identitas ganda, adanya orang yang belum berhak mendapat KTP namun sudah mendapatkannya dan lainnya. Kini dengan program e-KTP, dengan sendirinya data-data ganda dan yang tak benar itu pun terdeteksi.
Sebelumnya, Pemkot Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Surabaya sudah menyerahkan data agregat kependudukan Surabaya yang jumlahnya mencapai 2,7 juta penduduk. Namun jumlah itu pun mendapat koreksi setelah ada pembenaran data dari pusat. Data itu juga masuk daftar pemilih sementara dan kini sudah menjadi DPT resmi. Rencananya, DPT itu akan dilaunching pada minggu ini. (co/r4)