WUJUDKAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN PILGUB YANG AKUNTABEL, KPU JATIM GELAR BIMTEK

Sambutan Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito pada Pembukaan Bimtek (29/7/2018)

Surabaya, kpujatim.go.id- Dalam rangka mewujudkan laporan pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel dan transparan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) gelar bimbingan teknis (bimtek). Bimtek Pelaksanaan Penyusunan Pelaporan Anggaran Hibah Pilgub Jatim Tahun 2018 ini dilaksanakan selama dua (2) hari, Minggu sampai dengan Senin (29-30/7) di hotel Elmi jalan Panglima Sudirman Nomor 42-44 Surabaya.

Hadir dalam bimtek 152 orang pengelola keuangan yang terdiri dari Divisi Keuangan; Umum dan Logistik KPU Kabupaten/ Kota, Sekretaris KPU Kabupaten/ Kota, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) Pilgub 2018 KPU Kabupaten/ Kota.

Ketua kegiatan bimtek, Suharto menyampaikan selain bermaksud untuk mewujudkan pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel dan transparan, bimtek ditujukan pula untuk memperoleh daftar inventaris masalah dalam pengelolaan keuangan Pilgub Jatim 2018. “Terus yang kedua untuk memberikan masukan atau membahas tata cara pengelolaan dana hibah pada Pilgub Jatim 2018,” tutur Suharto (29/7/2018).

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito dalam sambutannya mengungkapkan bahwa laporan pertanggungjawaban keuangan konsekuensinya cukup lumayan. “Makanya untuk administrasi pelaporan keuangan harus dilakukan dengan baik. Dan ini gunanya diadakan bimtek ini,” ujarnya.

Bimtek diisi pula dengan narasumber yang ahli di bidang pengelolaan keuangan. Pada hari pertama bimtek diisi oleh Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan Wilayah II KPU RI, Yasmine Yuniar, Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan Wilayah II KPU RI I, Tua Sinaga Andar, dan staf Pengelolaan Keuangan, Limbong Arung Prasetiawan. Lalu dihari kedua akan mendapatkan materi dari Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil DJPB Provinsi Jawa Timur.

(AACS)

KPU Jatim