Yayuk : Ikrar Pelajar Harus Didukung

Tidak ada komentar 194 views

Surabaya, (DOC) – Ikrar pelajar yang dibacakan para siswa-siswi SMP dan SMA pada saat upacara memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober di halaman Taman Surya Kota Surabaya, perlu didukung dan ditindaklanjuti oleh pemkot.

Menurut anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya Yayuk Puji Rahayu semangat dalam Sumpah Pemuda harus ada pada generasi saat ini. “Itu yang harus ditanamkan agar para pelajar di Surabaya terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif,” katanya.

Ikrar pelajar meliputi, menjaga kehormatan pelajar dengan berbudi pekerti luhur serta meningkatkan prestasi, motivasi dan inspirasi. Selain itu, menyatukan tekad dan tujuan memusnahkan tawuran, memerangi narkoba serta segala bentuk permasalahan remaja, melestarikan lingkungan dan berperan aktif dalam kehidupan sosial.

Untuk itu, Yayuk meminta Pemkot Surabaya memfasilitasi sarana pendukung agar para pelajar ini bisa menyalurkan bakatnya seperti membangun sarana dan prasarana olahraga agar para pelajar atau pemuda punya wadah berprestasi. Selain itu, pemkot  harus tegas terhadap tempat-tempat hiburan malam yang masih dipenuhi anak-anak usia belasan tahun atau di bawah umur.

Tempat hiburan malam itu dinilai sebagai salah satu tempat transaski perdagangan manusia atau trafficking. “Dampaknya luar biasa, ada indikasi di tempat itu tempat bertemunya ayam dan pemesan di situ,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda berharap para pelajar di wilayahnya agar bisa menjadi panutan bagi pelajar lain. “Pelajar memang harus memberikan pengaruh positif bagi teman-temannya. Pelajar Surabaya diharapkan juga harus berprestasi,” jelas wali kota. (R9)