YZF R3 Turun Jalan, Nopember

Tidak ada komentar 224 views

Surabaya, (DOC) – Bersumber dari majalah otomotif di negeri Sakura terkuaklah niatan Yamaha untuk memperkenalkan moge berteknologi 3-silinder dalam waktu dekat ini. Apakah benar YZF R3?
Setelah beberapa bulan yang lalu Yamaha secara resmi mengumumkan dan memasarkan moge berjenis sport naked-bike dengan teknologi terbaru yakni MT-09/FZ-09. Teknologi yang dimaksud adalah mesin dengan berkapasitas 900cc-an yang hanya menggunakan 3-silinder saja. Selain efektif dalam memangkas bobot motor, teknologi ini juga menjadi acuan standar teknologi ‘ramah lingkungan’ di dunia saat ini.
Namun bukan MT-09/FZ-09 lagi yang menjadi rubrik hangat saat ini, muncul dari kelas sportbike full-fairing YZF – diketahui bahwa Yamaha sedang mempersiapkan launching perdana YZF R3. Sportbike garang ini kabarnya juga didaulat ‘menggendong’ mesin 3-silinder berkapasitas 900cc-an pada debutnya kelak.

Sosok Yamaha YZF R3 2014
Sementara itu, beberapa media di luar negeri seperti beberapa situs otomotif dan blog-blog di sana (Oberdan Bezzi) menyebutkan bahwa sosok R3 inilah yang kemungkinannya dekat dengan ajang EICMA Milan – Italia pada tanggal 7-10 November 2013 ini.
Beberapa kalangan berpendapat bahwa keduanya (MT-09/FZ-09 dengan YZF R3) yang sama-sama menggunakan teknologi mesin 3-silinder 900-an cc (850cc) juga akan menggunakan mesin yang serupa pula. Jika benar demikian, mengacu pada performa MT-09/FZ-09 maka YZF R3 diprediksi akan menghasilkan tenaga sebesar 115 hp pada 10,000 rpm dan torsi puncak mencapai 85,7 Nm pada 8,500 rpm atau mungkin saja lebih dari itu mengingat spesiesnya yang tergolong dalam sportbike full-fairing.
Bagaimana Bro, masih penasaran bukan? Jadi simak up-date beritanya pada EICMA Milan 2013 – November ini ya! Salam ‘Yamaha Semakin di Depan’. (otc/r4)