D-ONENEWS.COM

4 Cara Cegah Meningitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly

Jakarta (DOC) – Kabar duka kembali meliputi dunia hiburan Tanah Air. Penyanyi berdarah Maluku, Glenn Fredly, meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 44 tahun setelah berjuang melawan meningitis.

Melansir dari situs Everyday Health, meningitis adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Penyakit ini bekerja dengan cara menginfeksi jaringan yang membentuk perisai pelindung di otak dan sumsum tulang belakang. Akibatnya, pasien bisa mengalami gangguan pendengaran, kerusakan otak, bahkan kematian.

Tentunya penting untuk senantiasa menjaga tubuh dari meningitis. Ada pula beberapa cara efektif yang dapat dilakukan guna mencegah penyakit ini. Berikut empat langkah di antaranya.

1. Cara paling efektif untuk mencegah meningitis adalah vaksinasi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat menganjurkan vaksinasi dua kali, saat berusia 11-12 tahun dan 16-18 tahun.

Mereka yang mungkin telah berusia di atas anjuran sebaiknya tetap melakukannya. Terlebih jika tinggal di asrama, masuk militer, bepergian, atau berencana untuk tinggal di negara dengan kasus meningitis yang tinggi.

2. Hindari bertukar barang dengan orang lain
Meningitis dapat ditularkan melalui kontak dari sekresi pernapasan atau tenggorokan (air liur, dahak, atau lendir hidung). Tak heran, untuk mencegah penyakit ini disarankan tidak berbagi barang-barang yang ada sekresi, seperti gelas minum, botol air, sedotan, sikat gigi, lipstik atau lipgloss, dan rokok.

3. Rajin mencuci tangan
Seperti halnya virus penyebab flu, virus dan bakteri penyebab meningitis juga dapat masuk ke tubuh lewat tangan dan mulut. Untuk itu, penting bagi agar selalu mencuci tangan, terutama setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok, dan di tempat yang ramai. Gunakan sabun dan air hangat serta pastikan menyentuh bagian depan dan belakang tangan serta setiap jari.

“Gosok tangan bersama selama 20 detik kemudian bilas dan keringkan dengan handuk bersih,” kata direktur pencegahan infeksi dan ahli epidemiologi di Providence Saint John’s Health Center, Los Angeles, AS, Angela Vassallo.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sistem kekebalan yang kuat dapat membantu mencegah infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan meningitis. Pertahankan sistem kekebalan tubuh sebaik-baiknya dengan cara mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Jangan lupa juga berolahraga secara teratur dan pastikan cukup tidur.(tc)

Loading...

baca juga