D-ONENEWS.COM

ASN dan Warga Lumajang Berjemur Tangkal Virus Corona

Lumajang,(DOC) – Aparatur dan masyarakat di Kabupaten Lumajang diajak menyempatkan diri untuk berjemur pagi di bawah sinar matahari selama lima belas menit, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

“Saya bersama Wakil Bupati mengajak teman-teman Perangkat Daerah untuk berjemur, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, kita harus tetap menjaga kesehatan, mencuci tangan dan hidup bersih. Hal itu menjadi dasar untuk kita menangkal virus corona atau Covid-19 dan tetap bekerja dengan cara yang sehat,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat berjemur bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah, di halaman Kantor Bupati Lumajang, Selasa (24/3/2020).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa selama ini pihaknya juga melakukan berbagai upaya preventif untuk mencegah penyebaran virus corona di Lumajang, seperti menangani orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

“Kami juga gencar mengedukasi masyarakat dengan upaya pencegahan seperti, membuat cairan disinfektan secara mandiri, berbagi tips menjaga kesehatan diri. Dan, sekarang kami juga mengajak masyarakat untuk rutin melakukan kegiatan berjemur selama kurang lebih 15 menit untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) menerangkan, bahwa kegiatan berjemur tersebut merupakan sebuah langkah edukasi buat masyarakat, terutama untuk para pekerja yang lebih banyak di kantor.

Sedangkan, banyak masyarakat yang bekerja sebagai petani maupun pedagang yang setiap harinya terbiasa terkena sinar matahari ketahanan tubuhnya luar biasa, tetapi untuk para pekerja yang setiap harinya di kantor diharapkan dapat meluangkan waktu antara jam delapan sampai jam sepuluh untuk berjemur, sehingga itu salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Ayo bersatu melawan virus corona, jaga diri, jaga kebersihan, cuci tangan sesering mungkin, memanfaatkan sinar matahari untuk berjemur yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan,” imbuhnya.(imam)

Loading...

baca juga