D-ONENEWS.COM

Banjir-Longsor Landa Agam Sumbar, 1 Tewas, 15 Bangunan Rusak

Agam (DOC) – Bencana banjir dan tanah longsor yang dipicu hujan deras melanda wilayah Muko-Muko, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Salah seorang warga bernama Sutan Palindih (35) tewas setelah tergelincir saat memasang pukat di Danau Maninjau.

“Saat itu hujan deras, korban sedang memasang pukat di Danau Maninjau. Diduga karena tergelincir, korban terjatuh ke danau,” kata Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Kamis (21/11/2019).

Handria mengatakan, setelah dilakukan pencarian sekitar satu jam oleh tim BPBD, Satpol PP dan Damkar, tim dari kecamatan dan nagari, akhirnya korban ditemukan tidak jauh dari pintu PLTA Maninjau.

“Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan kemudian dibawa langsung ke rumah duka,” kata Handria.

Hujan deras yang melanda daerah itu selain merenggut satu nyawa juga menyebabkan banjir dan longsor di daerah Galapuang, Tanjung Sani, Tanjung Raya.

“Di daerah Galapuang, Tanjung Sani terjadi banjir dan longsor yang menyebabkan 13 rumah, satu madrasah dan satu masjid menjadi rusak,” kata Handria.

Selain, itu menyebabkan akses jalan menjadi tertutup total akibat material longsor menutupi badan jalan sepanjang 100 meter dengan ketinggian mencapai 10 meter lebih.

“Tadi malam sudah kita lakukan pembersihan material, namun karena kondisi cuaca yang masih hujan dan ditambah penerangan tidak ada maka dihentikan. Pagi ini dilanjutkan,” kata Handria.

Handria mengatakan, selain melakukan pembersihan material longsor, pihaknya juga sekaligus akan melakukan pendataan kerusakan baik rumah maupun areal pertanian dan kerugian lainnya.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga