D-ONENEWS.COM

BI: Penggunaan E-Commerce Meningkat Selama Pandemi Corona

Jakarta (DOC) – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, penerimaan (akseptasi) masyarakat terhadap e-commerce meningkat selama pandemi covid-19. Menurutnya, corona mempercepat adopsi digital di Indonesia, khususnya penggunaan e-commerce.

Dia mencatat, penjualan di e-commerce meningkat naik 26 persen, transaksi harian naik 3,1 juta transaksi, konsumen baru meningkat 51 persen, dan permintaan melonjak 5-10 kali.

“Akseptasi masyarakat terhadap e-commerce meningkat selama covid-19, yang lain ritel menurun, tapi di e-commerce meningkat, permintaan, pembeli baru naik, masyarakat itu cepat diajari platform digital,” kata Perry, seperti dilansir dari Merdeka, Rabu (24/6).

Dia menilai, pondasi digital masyarakat Indonesia menjadi potensi besar untuk terus mendorong digitalisasi dan mulai terlihat shifting perilaku, khususnya terkait peningkatan transaksi e-tailing dan e-groceries serta penggunaan digital payment.

Hal ini diperkuat dengan penjualan produk langsung ke pelanggan atau Business to Customer (B2C). Porsi transaksi B2C yang semakin meningkat di e-commerce terutama didorong oleh bergesernya model bisnis fast moving consumer goods (FMCG), misalnya unilever, P&G, ke direct selling melalui e-commerce selama masa pandemi.(mer)

Loading...

baca juga