D-ONENEWS.COM

Bupati Lumajang Adu Mulut Dengan Pengawas PT LUIS

Lumajang,(DOC) – Bupati Lumajang beserta rombongan mendatangi lokasi rencana pembangunan tambak udang yang dikelola PT LUIS di Dusun Jamber, Desa Selok Anyar, Kecamatan Pasirian, kabupaten Lumajang, Rabu (8/7/2020).

Rombongan Bupati didampingi pejabat dari Badan Pertahanan Nasional (BPN) langsung melakukan pengecekan tapal batas.

Namun saat tiba di lokasi Bupati, pihak waker PT. Luis sempat terjadi adu mulut terhadap Bupati Lumajang.

“Pak Bupati tidak boleh mengintervensi BPN, merintah-merintah kayak gitu, gak boleh,” ujar Waker PT LUIS Imam Kresek,

PT. LUIS dan meminta keluarga Alm. Salim kancil menunjukan surat kepemilakan tanah tersebut.

Saat ini, pihat PT LUIS masih belum melakukan pembangunan tambak udang, hanya melakukan pengurukan lahan-lahan yang rusak akibat ditambang pasir besinya.

“Perbaikan lingkungan perintah Undang-Undang, siapapun bisa melakukan reklamasi. Nanti, kalau kita sudah membangun, sesuai dengan ijin yang keluar,” tegasnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, PT. LUIS sampai saat ini belum mengantongi ijin secara resmi IMB karena masih ada kendala di lapangan yang harus di selesaikan oleh Instansi karena terdapat pihak penggarap lahan yang masih tidak terima dan ingin kembali lahannya seperti semula.

“Saya akan terus berkooerdinasi dengan BPN Provinsi dan pusat agar permasalahan ini segera tuntas dan tidak ada yang saling di rugikan,” jelasnya.

Bupati Lumajang Dipanggil Polda Jatim

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menggelar pemaparan tapal batas HGU PT.PT. Lautan Udang Indonesia Sejahtera ( LUIS ) terkait penyerobotan lahan milik alm Salim Kancil.

Tujuan pemaparan Untuk mempersiapkan klarifikasi ke Polda Jatim terkait laporan PT Lautan Udang Indonesia Sejahtera (LUIS) atas dugaan pencemaran nama baik yang menyatakan ada penyerobotan lahan milik alm. Salim Kancil.

“Besok saya bersama keluarga Alm. Salim kancil akan memenuhi panggilan Polda kemudian memaparkan dan menerangkan peta tapal batas serta hasil peninjauan di lapangan areal milik PT. LUIS dan milik Sdri. Ngatijah,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Bupati Lumajang akan memenuhi panggilan Polda Jatim yang akan ditemani istri alm. Salim Kancil Ngatijah dan anak Salim Kancil Ike.

“Kami ingin memberikan penjelasan tentang pemanggilan oleh pihak Polda Jatim bahwa atas laporan dari pihak PT. LUIS Sdr. Suharsono yang mengklaim areal milik Alm. Salim Kancil berdasarkan Peta dari BPN.,” jelas Bupati.

Sementara itu, Ike putri Alm. Salim Kancil menyampaikan, menginginkan pertanggung jawaban kepada pihak PT. LUIS tentang bagaimana normalisasi saluran irigasi agar nanti bisa bertani kembali.

“Mengembalikan areal pertanian miliknya yang sudah di timbun oleh pihak PT. LUIS.
Dan kami dari awal pernah ditawarkan untuk kompensasi akan tetapi kami menolak karena areal tersebut merupakan mata pencaharian kami,” tegas Ike.

Usai menggelar pemaparan, Bupati Lumajang bersama rombongan peninjauan lokasi PT. LUIS di Dusun Legong Jambe Desa Selokanyar Kecamatan Pasirian.

Dilokasi tersebut Waker PT. LUIS Sdr. Imam Kresek melakukan perlawanan terhadap Bupati Lumajang yang mengklaim areal yang di timbun masuk di HGU PT. LUIS dan meminta keluarga Alm. Salim kancil menunjukan surat kepemilakan tanah tersebut.

Pihak PT Luis meminta Bupati Lumajang menyelesaikan permaslahan ini tidak di lapangan namun dengan duduk bersama dan membuktikan di pengadilan. (imam)

Loading...

baca juga