D-ONENEWS.COM

Darurat Corona Diperpanjang Menunggu Arahan Kepala Daerah

Lumajang,(DOC) – Status darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona diperpanjang selama 91 hari, hingga tanggal 29 Mei 2020 melalui Surat keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 13 A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona Indonesia.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik, BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo menjelaskan pihaknya masih akan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah. Namun, pihaknya tetap menjadikan surat keputusan tersebut menjadi rujukan pertama sebagai pertimbangan pengambil kebijakan.

“Itu rujukan kita yang pertama, tapi kita harus bisa konfirmasi kepada Pemerintah Daerah,” terang saat ditemui di kantornya, Kamis (19/3/2020).

Dirinya meminta selama masa perpanjangan tersebut, masyarakat tetap mematuhi arahan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Wawan juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Selain itu, dirinya mengatakan sampai saat ini BPBD Kabupaten Lumajang sudah melakukan sosialisasi sesuai dengan arahan Satgas Penanganan Virus Corona dengan mengambil data dari informasi yang disampaikan Juru Bicara (Jubir) penanganan virus corona (Covid-19), Achmad Yurianto.

“Kita sosialisasi untuk menghadapi wabah Virus Covid 19 ini, berpola hidup sehat dari keluarga, masyarakat juga, wadahnya sudah ada yaitu germas,” ujarnya.

“BPBD sudah siap 24 jam, kami sudah membekali para petugas kami dengan pengetahuan sebagai langkah prefentif,” imbuhnya.

Masyarakat juga diminta tetap menyaring segala informasi terkait Virus Corona yang tersebar melalui berbagai media sosial ataupun grup-grup Whatsapp.(Imam)

Loading...

baca juga