D-ONENEWS.COM

Digembleng Sentra Kemensos Tatik Berkibar di ASEAN Para Games, Sumbang Emas dari Panahan

foto: Sri Hartatik

Surakarta,(DOC) – Gemerlap lampu warna warni menghiasi panggung penutupan ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu(5/8/2022). Meriah namun khidmat, perhelatan ASEAN Para Games resmi di tutup oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang di hadiri Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Tak kurang 10.000 penonton bersorak sorai menggelora di Stadion Manahan semakin menguatkan semangat dan rasa bangga kontingen Indonesia yang berhasil meraih juara umum di ASEAN Para Games ke-11 ini.

Di balik keberhasilan tersebut, ada kisah menarik, perjuangan Sri Hartatik, mantan penerima manfaat dari Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Kementerian Sosial.

Dengan segala keterbatasan yang ia miliki, Sri Hartatik berhasil membuktikan, bahwa keterbatasan bukan suatu hambatan. “Selama tekun dan gigih berlatih, akhirnya saya bisa ikut dalam perhelatan level Internasional ini dalam bidang panahan. Di kesempatan yang berikut, saya akan berusaha lebih baik lagi untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Mohon doanya semua, ” Ucapnya penuh haru.

Perempuan 40 tahun itu merupakan alumni penerima manfaat Sentra Terpadu Soeharso Surakarta, Kementerian Sosial tahun 2000 yang mengikuti perhelatan para penyandang disabilitas berbakat ini. Bukan hal mudah menembus jajaran atlet profesional tingkat internasional.

Tatik harus berjibaku di Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) 2021. Di ajang serupa Pekan Olahraga Nasional (PON) ini, Tatik menyabet emas di cabang olahraga panahan yang sejak 2019 ia tekuni. Medali emas ini jadi tiket masuk sebagai atlet ASEAN Para Games.

“Ya pasti karena doa, latihan keras, dan rasa percaya diri,” kata Tatik, berbagi kiat suksesnya (07/08). Kepercayaan diri muncul sejak ia di beri kesempatan mengembangkan kemampuan saat masuk di Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta di bawah naungan Kementerian Sosial.

Sejak usia 3 tahun ia menjadi penyandang disabilitas karena polio pada kaki sebelah kanan. Perasaannya campur aduk. Ia malu, tidak percaya diri, bahkan merasa tidak punya masa depan.

“Setelah masuk Sentra, seperti kata R.A. Kartini, ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’, saya mulai percaya diri,” katanya. Selama menjalani rehabilitasi di Sentra, ia mendapat berbagai layanan, baik rehabilitasi sosial, medis maupun pelatihan vokasional, sehingga ia memiliki keterampilan untuk dapat mengembangkan diri.

“Di situ saya di ajarkan untuk mandiri. di situ juga saya menemukan bakat dan minat saya,” katanya.

“Setelah berbagai rehab saya jalani, di Sentra tumbuh rasa percaya diri saya. Seolah-olah dunia terbuka. Belajar berbagai keterampilan, ternyata saya bisa,” katanya dengan suara bergetar.

Dari tangannya yang berbakat, ibu dua anak ini tidak hanya piawai membidik sasaran dengan panah. Ia juga terampil mengolah masakan. Sebelum berlatih merentang busur panah, ia membuka pesanan nasi kotak dan makanan kecil untuk berbagai kegiatan.

Namun sayang saat pandemi, usahanya sepi orderan. Tak hilang akal, ia menekuni olahraga Panahan yang pernah ia pelajari di Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Pelatih melihat ada bakat pada dirinya.

Akhirnya ia di tawari untuk menjadi atlet panahan. “Saya optimistis kok Bu, niat saya memanah pertama adalah karena ini olahraga sunnah Rosul namun juga ada prestasinya. Jadi semboyan saya ‘Gapai Sunnah dan Raih Prestasi,” katanya, yakin.

Banyak kesan yang ia rasakan selama di Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Tatik mengaku Sentra ini merupakan surganya teman-teman disabilitas. “Dari sini rasa percaya diri mereka tumbuh dan optimistis menggapai hidup,” katanya.

Indonesia Juara Umum
Indonesia menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2022. Total 425 medali yang terdiri dari 175 medali emas, 144 medali perak dan 106 medali perunggu di raih oleh atlet Indonesia.

Tak hanya itu, Indonesia juga bangga kembali di percaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11. “Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11. Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN,” kata Presiden RI, Joko Widodo pada Closing Ceremony ASEAN Para Games ke-11.

Presiden menekankan, prestasi membuktikan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Pesan solidaritas juga tergambar di ASEAN Para Games ini.

“Solidaritas antar bangsa-bangsa ASEAN yang di tunjukkan oleh para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan bagi para penyandang disabilitas. Kita mendukung setiap inisiatif dari penyandang disabilitas,” katanya.

Pesta olahraga disabilitas se-Asia Tenggara ini di ikuti oleh 11 negara, yaitu Indonesia (tuan rumah), Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor-Leste, dan Vietnam. Negara-negara ini tergabung dalam Federasi Olahraga Para Asean (APSF).

Acara ini sukses di gelar dengan waktu persiapan 5 bulan. Indonesia sebelumnya sudah berpengalaman pada event yang sama. Indonesia sukses menjadi tuan rumah di ASEAN Para Games 2011 dan Sea Games 2011.(hm/r7)

Loading...