D-ONENEWS.COM

Dinkes siap Tracing Keluarga dan Timses Kontestan Pilkada yang Terpapar Covid-19

Foto: Kabag Humas Surabaya

Surabaya,(DOC) – Pasca Komisi Pemilihan Umum(KPU) kota Surabaya mengungkapkan hasil swab test Paslon Bakal Calon Kepala Daerah, bahwa salah satu calon terkonfirmasi positif Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Surabaya harus mentracing seluruh orang yang pernah kontak erat dengan bakal calon tersebut.

Orang-orang yang ditengarai memiliki kontak erat, yakni keluarga calon, tim sukses(Timses) hingga pihak-pihak yang pernah bersinggungan.

Namun tracing belum bisa dilaksanakan, karena Dinkes belum menerima hasil test swab dari KPU maupun pihak RSU dr. Soetomo, supaya dapat ditindaklanjuti oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Surabaya

“Kami sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan Dinkes, sampai saat ini rekan-rekan Dinkes belum menerima data tersebut. Sehingga Satgas COVID-19 belum bisa melakukan tracing,” ungkap Kepala Bagian Humas (Kabag Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Febriadhitya Prajatara, Rabu(09/09/2020) sore.

Febri menyampaikan, bila data hasil swab test belum diterima Dinkes, maka Satgas Covid-19 Surabaya tidak bisa mengambil tindakan. Padahal kalau tracing tidak segera dilakukan, maka dikhawatirkan persebaran Covid-19 dari calon tersebut akan meluas.

“Kalo belum ada data yang diterima atau input data all new record Satgas belum bisa melakukan tracing,” tegasnya.

Dirinya menjelaskan, kalau data hasil swab tersebut yang melakukan input adalah laboratorium maupun rumah sakit yang melakukan testing yang akan diterima oleh Dinkes Surabaya.

“Jadi yang input data itu lab ataupun rumah sakit yang kemudian diterima oleh kawan-kawan Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, Soeprayitno Komisioner KPU Surabaya menyatakan, bahwa salah satu peserta Pilkada Surabaya terkonfirmasi Covid-19.

Namun dirinya tak menyebut secara siapa calon peserta Pilkada yang terpapar virus mematikan itu.

Suprayitno mengaku baru menerima data hasil swab dari RSU dr. Soetomo, Rabu (09/09/2020) hari ini.

“Kami baru menerima surat hasil swab test dari RSUD Soetomo. Jika menilik surat itu, salah satu bakal pasangan calon didapati positif COVID-19,” ungkapnya.(robby)

Loading...

baca juga