D-ONENEWS.COM

Djoko Setiadi Dilantik Sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara

Djoko Setiadi saat dilantik Presiden Jokowi.

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Djoko Setiadi sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Rabu (3/1/2018). Djoko Setiadi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).
Jubir Presiden, Johan Budi SP mengungkapkan, Djoko akan dilantik Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, pukul 10.00 WIB.
Djoko sebelumnya dilantik oleh Jokowi menjadi Kepala Lemsaneg pada 8 Januari 2016. Hampir 2 tahun menjabat, kini Djoko mengemban tanggung jawab baru.
BSSN kini bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya badan ini berada di bawah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).
“Ini ada sebuah badan yang sangat penting, yang ke depan diperlukan oleh negara,” kata Jokowi.
Jokowi memandang BSSN sangat penting untuk menghalau bahaya dunia siber. Sehingga dia meningkatkan kedudukannya menjadi bertanggung jawab langsung di bawah Presiden.
BSSN sendiri memang transformasi dari Lemsaneg. Tak heran jika Kepala Lemsaneg kemudian dilantik menjadi Kepala BSSN.
“Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang ditransformasi dari lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), terdapat satu lembaga direktur fungsi keamanan informasi yang digabung dengan lembaga BSSN,” kata Menteri PANRB, Asman Abnur.
Jokowi pun telah meneken Peraturan Presiden Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara, pada 16 Desember 2017. Perpres itu diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM pada tanggal yang sama.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga