D-ONENEWS.COM

DKI Jakarta Temukan 21 Kasus Diduga Hepatitis Akut

Jakarta (DOC) – Jumlah kasus diduga hepatitis akut di DKI Jakarta sampai dengan Rabu, 11 Mei 2022, sebanyak 21 orang. Termasuk di antaranya tiga anak yang meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo (RSCM) belum lama ini.

Bahkan, satu dari 21 kasus diduga terinfeksi hepatitis misterius adalah pasien dewasa. Padahal, sejak kemunculannya, hepatitis akut paling banyak diderita anak-anak.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta pada Rabu, 11 Mei 2022.

“Data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Namun demikian ini masih dalam proses penyelidikan epidemiologi,” kata Riza, dikutip dari Liputan6, Kamis (12/5).

Oleh sebab itu, Riza kembali mengingatkan warga Jakarta supaya tidak abai dan tetap mengetatkan protokol kesehatan, sekaligus menjaga kebersihan makanan dan minuman yang disantap sehari-hari.

Riza juga mengimbau para orangtua menjauhkan sementara anak-anak dari tempat-tempat umum, mengingat pasien yang rentan mengalami hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya adalah anak-anak.

“Ditunda dulu bermain di tempat-tempat umum, seperti kolam renang bersama, kegiatan anak-anak kan suka bermain di tempat-tempat indoor segala macam,” ujarnya.

Politikus Gerindra juga meminta kepada masyarakat untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat guna mencegah terpapar penyakit hepatitis satu ini.

“Tetap laksanakan protokol kesehatan sekalipun pandemi sudah menurun gejalanya sudah berkurang, tetap laksanakan prokes. Kedua, kami minta khususnya anak-anak yang mudah terjangkit untuk ditunda dulu bermain di tempat umum,” katanya. (lp6)

Loading...