D-ONENEWS.COM

Erick Thohir Targetkan Laba BUMN Rp300 Triliun

Kementerian BUMN

Jakarta (DOC) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan perolehan laba bersih seluruh BUMN pada 2024 bisa mencapai Rp 300 triliun. Angka ini naik lebih 50 persen dari laba saat ini yang sebesar Rp 180 triliun.

Namun, Erick Thohir mengatakan, upaya untuk menggenjot perolehan laba hingga 66 persen itu tidaklah mudah. “Kami berharap bahwa nilai laba bersih yang hari ini sekitar Rp180 triliun dan pada 2024 kami berharap bisa mencapai Rp300-an triliun. Tidak mudah tapi kami coba tingkatkan hampir double,” katanya dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Kamis 20 Februari 2020.

Erick mengakui, tantangan bagi BUMN sudah ada di depan mata, terlebih kemajuan teknologi yang pesat telah menimbulkan disrupsi bagi beberapa BUMN. Walhasil, model bisnis BUMN pun harus ikut berubah.

Menurut Erick Thohir, salah satu strategi yang disiapkan oleh Kementerian BUMN untuk menggenjot laba adalah mengoptimalkan klasterisasi bidang usaha yang digeluti oleh BUMN. Klasterisasi ini akan mengklasifikasi BUMN sesuai dengan kemampuan dan fokus bisnis perusahaan BUMN.

Sejalan dengan peningkatan perolehan laba BUMN, Erick Thohir menyebut kontribusi kepada negara juga akan tumbuh hampir 50 persen dalam empat mendatang. Saat ini, kontribusi BUMN untuk negara berupa dividen, pajak, royalti, dan lain-lain mencapai kisaran Rp 400 triliun.

“Kontribusi kepada negara, kami akan tingkatkan ke Rp 700 triliun lebih. Ini adalah ujung yang ingin kami capai. Apalagi dengan dukungan daripada anggota dewan dan kementerian lain, karena tidak mungkin kami lakukan ini tanpa kerja sama yang baik,” Erick Thohir menjelaskan.(tc)

Loading...

baca juga