D-ONENEWS.COM

Gempa 5,0 SR Guncang Sumenep Madura, Getarannya Terasa hingga Banyuwangi

Madura (DOC) – Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 yang mengguncang Sumenep Madura juga terasa di Situbondo hingga Banyuwangi. Seperti informasi sementara yang diumumkan BMKG, pusat gempa berada di Laut Bali atau sekitar 84 km timur laut Situbondo.
Menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo Gatot Trikorawan, gempa tersebut tidak sampai menimbulkan kepanikan warga.
“Getaran gempa terasa, tapi sangat kecil sekali. Antara 2-3 detik. Tidak ada kepanikan dan warga tetap beraktivitas seperti biasa,” kata Gatot, Selasa (2/4/2019).
Getaran gempa terasa di beberapa Kecamatan di Situbondo. Sesuai laporan yang diterima BPBD setempat, getaran gempa di antaranya terasa di Kecamatan Panarukan, Kecamatan Situbondo, dan Kecamatan Mlandingan.
“Menurut hemat saya, kemungkinan terjadi kerusakan itu sangat kecil. Karena getarannya tidak seberapa dan durasinya pendek. Tapi kami tetap melakukan pemantauan,” imbuh Gatot.

Sebelumnya BKMG telah mengumumkan, gempa berkekuatan magnitudo 5,0 terjadi di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

“Gempa terjadi pada 2 April 2019 pada pukul 08.22 WIB,” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya.

Gempa ini juga dirasakan warga Banyuwangi. Akibat gempa tersebut, sempat membuat sebagian warga Banyuwangi panik. Kepanikan muncul saat gempa terjadi sekitar pukul 08.22 Wib, Selasa (2/4/2019). Warga sempat keluar rumah karena getaran yang kencang.

“Tadi sempat keluar rumah. Karena emang kencang,” ujar Maureen.

Gempa tersebut, kata Maureen, terasa hanya beberapa detik. Getaran tersebut membuat beberapa tetangganya juga keluar rumah.

“Memang pertama agak halus kemudian agak keras. Terjadi satu kali. Tidak berkali-kali,” tambahnya.

Hal tersebut juga dirasakan Maria Dianita. Pegawai salah satu hotel di Banyuwangi ini juga merasakan kepanikan akibat gempa itu.

“Panik karena beberapa petugas laundry teriak-teriak gempa,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Eka Muharram membenarkan adanya getaran gempa yang terjadi hingga Banyuwangi. Hingga kini, pihaknya masih melakukan pemantauan akibat dari gempa tersebut.

“Masih kita pantau. Kita masih mencari apakah ada kerusakan atau tidak imbas gempa,” tambahnya.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga