D-ONENEWS.COM

Gus Ipul : Pramuka Jembatani Pendidikan Antara Rumah dan Sekolah

Surabaya, (DOC) – Kegiatan Pramuka yang inovatif dan produktif diyakini mampu menjembatani aktivitas positif anak-anak di rumah maupun sekolah. Selain itu juga menghindarkan anak muda dari kenakalan remaja.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat melantik pengurus Mabicab, Kwarcab, Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Dewan Kerja Cababg (DKC) Gerakan Pramuka Lumajang Masa Bhakti 2019-2023 di Pendopo Kab. Lumajang, Jumat (25/1).

Menurut Gus Ipul–sapaan akrabnya, Pramuka harus diisi dengan kegiatan yang produktif, kreatif dan inovatif agar generasi muda terlibat dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, kenakalan remaja yang sering terjadi seperti narkoba banyak terjadi antara rumah dan sekolah. Maka, melalui kegiatan Pramuka tersebut akan mengurangi kenakalan remaja.
Kegiatan Pramuka, juga telah mampu memperkuat pendidikan karakter bangsa. Pramuka menjadi kegiatan solutif di dalam membentengi anak dari kenakalan maupun perilaku yang kurang baik.

“Tantangan ke depan tidaklah mudah, maka Pramuka harus berperan penting dalam membentengi generasi muda dari bahaya kenakalan remaja melalui kegiatan-kegiatan yang produktif,” ujarnya.

Sementara itu, Gus ipul sapaan akrab dari Ka Kwarda Jatim itu meminta agar Pramuka harus mampu menjadi gerakan yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik.
Ia mencontohkan, di Kwarda Jatim, pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan yang memberi manfaat bagi gerakan pramuka. Antara lain East Java Scouts Challenge 2015, Indonesia Scouts Challenge 2016, Kampung Kelir Pramuka 2017&2018 dan sejuta lubang biopori 2017.

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang yang juga sebagai Mabicab Gerakan Pramuka Lumajang, H. Thoriqul Haq M.ML menginginkan terwujudnya desa wisata Pramuka di wilayahnya.
Desa Wisata Pramuka tersebut akan diintegrasikan dengan kawasan perhutani dan akan menawarkan objek wisata keluarga yang di dalamnya bisa diisi dengan kegiatan produktif seperti berkemah, tali temali hingga memasak di alam ala Pramuka.

“Kami mencari tempat yang ada di Lumajang dan kami kerjasamakan dengan pihak perhutani. Nantinya, yang mengelola adalah Kwarcab Pramuka sehingga terwujudnya Desa Wisata di Lumajang,” tutupnya.

Berdasarkan lampiran Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim nomor 16 Tahun 2019 Tentang Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Lumajang Masa Bakti 2019-2023 yakni sebagai Ketua Mabicab Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq M.ML dan Wakil Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si yang juga sebagai Wakil Bupati Lumajang. Sedangkan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang di ketuai oleh Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si dan Sekretaris Priyo Utomi SH. (Pbr)

Loading...

baca juga