D-ONENEWS.COM

Hari Raya Idul Adha 1443 H Dimaknai Wali Kota Eri Sebagai Momentum Berbagi

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama istri dan kedua anaknya menjalankan Ibadah Shalat Ied berjamaa di Taman Surya, Minggu(10/7/2022) pagi.

Salat Idul Adha 1443 Hijriah di pimpin oleh Imam Ust Aziz Muslim dan Khatib H Pardi dan di ikuti sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengatakan, bahwa Idul Adha ini adalah momentum untuk berbagi kepada sesama. Hal tersebut sebelumnya telah di ajarkan oleh Nabi Ibrahim AS dengan mengorbankan putranya (Nabi Ismail AS) untuk menjalankan perintah Allah SWT. Tapi setelah detik terakhir, sang putra kemudian di ganti dengan domba.

“Ini menunjukkan bahwa kita sesama manusia tidak boleh saling mengorbankan. Tapi bagaimana sesama manusia harus bisa saling tolong menolong dan membantu,” ucap Wali Kota Eri Cahyadi seusai menunaikan Shalat Ied berjamaah.

Cak Eri sapaan akrabnya, berharap kepada setiap muslim yang sudah mampu agar menunaikan ibadah kurban. Sebab menurutnya, melaksanakan ibadah kurban juga menjadi cara dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah-Nya.

“Ketika kita menyembelih kurban, memberikan sebagian kurban itu atau seluruhnya daging kurban yang di sembelih pada orang lain yang hari ini mungkin masih ada belum bisa setiap hari makan daging, hari ini bisa menikmatinya,” ujarnya.

Menurut Cak Eri, bahwa momen Idul Adha secara tidak langsung juga bisa menumbuhkan sikap toleransi. Baik antar sesama umat muslim maupun dengan umat yang beragama lain.

“Semoga semua hewan yang di kurbankan warga Surabaya, baik tetesan darahnya, baik bulunya, akan menjadi saksi kelak dan membawa orang-orang yang berkurban menuju ke Surganya Allah SWT,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga