D-ONENEWS.COM

Hutan Lindung Dilereng Gunung Lamongan Terbakar

Lumajang,(DOC) – Hutan lindung di lereng Gunung Lamongan yang berada di Petak 12 RPH Ranupakis BKPH Klakah SKPH Lumajang KPH Probolinggo tepatnya di Blok utara Gunung Lemongan Gunung Klerker di timur Gunung Labeng terbakar.
Menurut Koordinator Laskae Hujai A’ak Abdullah Al Kudus, Lokasi yg terbakar berupa semak dan ilalang bukan tegakan kayu rimba kehutanan yang wilayahnya masuk Desa Alun-alun dan Sumber Petung Kecamatan Ranuyoso.
“Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh oleh relawan Laskar Hijau pada Minggu sore (17/9/2017),”Ujarnya.
Namun karena medan yang sulit dan hari mulai petang, pihaknya minta bantuan ke BPBD Lumajang, Polres Lumajang, Kodim 0821 dan Perhutani. Dan sekitar pukul 21.00 wib tenaga pemadam kebakaran dari BPBD, Polres, Kodim dan Perhutani mulai bergerak ke Gunung Lemongan.
“Kita bersama tim gabungan berusaha keras untuk bisa memadamkan api. Karena kita gak mungkin bisa melakukan pemadaman kecuali menggunakan pemadakam dari udara atau menggunakan helikopter,”pungkas Gus A’ak.
Hasil pemantauan Senin (18/9/2017) pagi oleh relawan Laskar Hijau, api sudah padam dan cuaca di Gunung Lemongan masih agak mendung, dan separuh badan gunung masih tertutup kabut.
“Akan peristiwa ini kita tidak bisa memastikan apa penyebabnya secara kongkrit, namun setakad dugaan ini ulah manusia. Oleh karenanya kami menghimbau pada semua kalangan agar sedianya me jaga dan merawat, hati-hati dan jangan ceroboh semisal membuang luntung rokok karena ilalang disini kering. Jika hutan kita rusak, kelangsungan hidup kita akan menuai masalah,” ujarnya.(mam/r7)

Loading...