D-ONENEWS.COM

Ikan: Walau Harganya Murah Tapi Manfaatnya Sangat Kaya

manfaat makan ikan
Jakarta, (DOC) – Belakangan ini gerakan makan ikan sedang digaungkan kembali. Hal ini karena ternyata konsumsi ikan penduduk Indonesia masih tergolong rendah. Di pulau Jawa saja, konsumsi ikan hanya mencapai angka 32 kg per kapita per tahun. Jumlah ini masih jauh di bawah daerah Indonesia bagian lain, seperti Indonesia bagian timur misalnya yang sudah mencapai konsumsi 40 kg per kapita per tahun.
Banyak orang mungkin menganggap ikan adalah makanan murah dibandingkan daging. Ada juga yang tidak ingin makan ikan karena baunya amis. Padahal, jika diolah dengan baik, ikan bisa menjadi makanan yang sangat lezat. Tak hanya itu, kandungan gizi ikan pun sangat banyak, sehingga ikan dapat banyak memberi manfaat bagi kesehatan.
Untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, ikan dapat memberi manfaat dalam perkembangan otak dan tulang. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan mempunyai peran penting dalam perkembangan otak. Sedangkan, kandungan kalsium, vitamin D, dan fosfor yang juga ditemukan dalam ikan dapat berperan dalam pertumbuhan tulang.
Tak hanya itu, konsumsi ikan juga dapat mencegah Anda dari penyakit jantung. Kandungan protein tinggi dalam ikan, serta vitamin dan mineral dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Lagipula, kandungan lemak dalam ikan relatif lebih sedikit dibandingkan yang ada dalam daging. Adapun kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan yang justru dapat meningkatkan kesehatan jantung.
Konsumsi ikan juga terbukti dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer, mengurangi risiko depresi, mengurangi risiko gangguan penglihatan akibat penuaan, dan mengurangi risiko penyakit asma pada anak. Jadi, mari tingkatkan kebiasaan konsumsi ikan Anda. Sebaiknya dalam seminggu, cobalah untuk ganti konsumsi daging Anda dengan ikan setidaknya 2 kali. (and)

Loading...

baca juga