D-ONENEWS.COM

Ini Manfaat Vitamin Yang Terkandung Pada Wortel dan Tomat

Jakarta (DOC) – – Jus memang menjadi minuman yang menyegarkan. Bahkan jus juga bisa menjadi pengganjal rasa lapar yang menyehatkan saat menuju makan siang maupun makan malam. Sering kali jus yang menjadi favorit adalah jus buah, padahal saat ini mulai menjadi tren konsumsi jus sayur dan buah.

Memang pilihannya belum banyak tetapi jus sayur dan buah bisa menjadi alternatif konsumsi sayur bagi kamu yang tidak sempat dan tidak suka konsumsi sayur seperti wortel dan tomat. Padahal, keduanya memiliki manfaat besar bagi tubuh.

Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengatakan, tomat mengandung phytokimia yang baik, seperti karotenoid, lycopene,beta karoten, senyawa pro-vitamin A, phytoene, dan phytofluene semuanya ditemukan dalam jumlah besar.

Kandungan flavonoid tomat juga tinggi. Tomat mengandung lebih banyak jumlah alpha-tocopherol dan vitamin C jika dibandingkan dengan sayuran populer lainnya. Phytokimia tomat ini diduga berkontribusi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker prostat (memperlambat timbulnya penyakit dan dapat berperan dalam pencegahan).

Sementara wortel pertama kali digunakan untuk tujuan medis dan secara bertahap digunakan sebagai makanan. Popularitas wortel oranye semakin meningkat dengan penemuan kandungan provitamin yang tinggi.

Kandungan karotenoid dan anthocyanin sebagai pigmen antioksidan utama yang ditemukan dalam wortel tinggi akan α- dan β-karoten yang merupakan kaya provitamin A dan serat. Wortel juga memiliki kombinasi unik dari tiga flavonoid yakni kaempferol, quercetin dan luteolin.

“Kandungan nutrisi yang sedemikian banyak menyebabkan wortel memiliki efek antioksidan, anticarcinogens, immunoenhancers, Anti-Diabetes, Kolesterol dan Penyakit Kardiovaskular, Anti-Hipertensi, dan lain-lain. Tidak heran jika di antara 39 buah dan sayuran wortel telah menduduki peringkat ke-10 dalam nilai gizi yang terbaik,” ujar dr Helmin dialnsir detikHealth.

dr Helmin juga menambahkan, jika tomat dan wortel digabungkan dalam satu minuman maka akan ada gabungan manfaat 2 jenis sayuran yang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk menunjang kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan harian, kini sudah hadir Vegie Fruit Premium jus sayur dan buah dengan rasa yang enak dan praktis. Vegie Fruit hadir dalam varian carrot squeeze dan tomato punch. (bds/gus)

Loading...

baca juga