D-ONENEWS.COM

Ini yang Terjadi pada Tubuh Usai Minum Kopi dengan Perut Kosong di Pagi Hari

Jakarta (DOC) – Sekelompok peneliti dari University of Nevada-Reno menemukan bahwa ampas kopi dapat digunakan sebagai biodiesel, dan kemungkinan besar dalam waktu dekat, asap mobil Anda akan berbau seperti secangkir cappucino yang baru diseduh. Mungkin tak jauh berbeda dengan kebanyakan orang yang memperlakukan minum kopi sebagai bahan bakar mereka di pagi hari.

Tetapi secangkir kopi pertama yang menjadi bahan bakar sebagian besar dari kita di pagi hari mungkin bukan cara terbaik untuk memulai hari. Faktanya, para dokter percaya waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi adalah pertengahan hingga akhir pagi, yakni antara pukul 09:30 dan 11:30.

Berikut ini beberapa hal yang terjadi pada tubuh bila terbiasa minum kopi dengan perut kosong di pagi hari, dilansir dari Liputan6, Minggu (9/1):

1. Merasa lebih mengantuk

Kopi adalah minuman yang membangunkan bagi banyak dari kita, tetapi meminumnya segera setelah bangun dari tempat tidur mungkin memiliki efek sebaliknya. Kafein menggandakan kadar hormon stres dan dapat menyebabkan masalah dengan tidur, yang menyebabkan kelelahan.

Jika memulai hari dengan secangkir cappuccino dengan gula, mungkin merasa mengantuk lagi setelah beberapa saat. Ini terjadi karena tubuh kita memproduksi insulin untuk mengimbangi gula, menyebabkan kadar glukosa darah turun, yang mengakibatkan kekurangan energi dan kecemasan.

2. Tubuh mungkin kehilangan mineral penting lebih cepat

Minum kopi secara teratur di pagi hari dapat menyebabkan kehilangan banyak vitamin dan mineral penting. Ini dapat menyabotase penyerapan zat besi, magnesium, dan vitamin B yang penting bagi sistem saraf kita. Terlalu banyak kafein juga dapat melepaskan kalsium dari tulang, membuatnya lemah dan rapuh.

3. Mungkin mengganggu perut

Meskipun minuman favorit akan membantu bangun di pagi hari, minuman ini juga dapat mendorong untuk lebih sering ke kamar mandi. Bahkan, beberapa ahli medis menganjurkan minum kopi sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian tertentu.

Kopi mengaktifkan sistem saraf kita, yang pada gilirannya mempengaruhi usus besar dan dapat menyebabkan diare. Banyak orang juga suka menambahkan susu atau krim ke dalam secangkir kopi pagi mereka, dan karena kebanyakan dari kita mengalami kesulitan mencerna laktosa, hal itu juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

4. Dapat menyebabkan penambahan berat badan

Meskipun kopi hitam dapat membantu membakar lemak, kopi hitam juga dapat mengganggu pola tidur yang sehat. Saat kurang tidur, kita cenderung merasa lebih lapar dan mengidam makanan manis. Banyak minuman kopi, seperti campuran manis populer, yang dikemas dengan gula dan kalori dan dapat menyebabkan berat badan bertambah.

5. Dapat mengeringkan kulit

Karena kopi membuat kita lebih sering ke kamar kecil, itu membuat tubuh dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, lebih sulit bagi racun untuk keluar dari tubuh melalui kulit. Ini, pada gilirannya, mengeringkan kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap berbagai masalah, seperti kerutan dini.

6. Dapat memperburuk kecemasan

Ketika bangun di pagi hari, kadar hormon stres biasanya berada pada titik tertinggi. Karena kafein adalah stimulan, itu memberi tubuh efek gelisah dan bahkan dapat memicu serangan kecemasan bagi sebagian orang.

7. Dapat meningkatkan kadar gula darah

Secangkir kopi pagi membuat sel-sel lebih sulit mengatur gula darah, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Gula darah tinggi, pada gilirannya, dapat menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan meningkatkan risiko infeksi kulit. (lp6)

Loading...