D-ONENEWS.COM

Kasus Covid-19 Tembus Satu Juta, Menkes Budi Gunadi: Kita Harus Kerja Lebih Keras

Menkes Budi Gunadi

Jakarta (DOC) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat berkomitmen memerangi pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama 11 bulan dengan kasus mencapai lebih dari satu juta. Dia pun berjanji bakal menggenjot pelaksanaan 3T: testing, tracing, dan treatment.

Budi mengingatkan kerja sama pemerintah dan warga perlu dibangun agar pandemi dapat terkendali, sehingga kematian ratusan tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan covid-19 tidak terjadi secara sia-sia.

“Saya harus mengajak teman-teman sekalian. Itu tenaga kesehatan yang sudah 600 yang wafat, jangan sampai mereka wafat sia-sia,” kata Budi dalam siaran langsung yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, dilansir CNN Indonesia, Rabu (27/1).

“Kita harus memastikan agar perjuangan mereka itu bisa kita teruskan. Kita harus seterusnya kerjanya jauh lebih keras lagi, sangat keras, untuk bisa memastikan ini menurun,” imbuh Budi.

Menkes mengajak masyarakat untuk kooperatif dengan cara mematuhi protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain itu, sebagai kementerian yang utama mengatasi pandemi di tanah air, Budi menyatakan pihaknya bakal melakukan upaya masif terkait testing, tracing, dan treatment (3T).

“Saya akan memastikan proses testing, tracing, sama isolasi treatment-nya itu akan mati-matian kita kejar secepat-cepatnya dan seluas-luasnya,” pungkasnya.

Sebaran kasus Covid-19 di tanah air telah menembus 1.012.350 kasus pada Selasa (26/1) kemarin.

Dari jumlah itu, sebanyak 820.356 orang dinyatakan telah pulih, 163.526 orang menjalani perawatan di RS atau isolasi mandiri, sementara 28.468 orang lainnya meninggal dunia. (cnn)

Loading...

baca juga