D-ONENEWS.COM

Kecelakaan Kereta di India Tewaskan 288 Orang, Ini Penyebabnya

NEW DELHI (DOC) – Menteri Perkeretaapian Federal India Ashwini Vaishnaw, Minggu (4/6), mengatakan penyebab kecelakaan fatal kereta api di negara bagian Odisha, India timur, adalah karena perubahan pada mesin penggerak wesel dan sistem interlocking elektronik.

Kecelakaan kereta tersebut menyebabkan 288 orang tewas dan lebih dari 1.000 orang lainnya terluka.

Sistem interlocking elektronik merupakan sebuah sistem pengamanan yang dirancang untuk mencegah pergerakan saling berlawanan antar-kereta pada jalur sama.

Kecelakaan itu terjadi pada Jumat malam (2/6) waktu setempat di dekat Stasiun Bahanaga Bazar, Distrik Balasore, sekitar 171 km sebelah timur laut Bhubaneswar, Ibu Kota Odisha.

Menurut sejumlah pejabat, kereta Coromandel Express, yang beroperasi dari Kolkata ke Chennai, menabrak bogie (kerangka bagian bawah atau struktur roda kereta) yang tergelincir dari beberapa gerbong Yashwantpur-Howrah Express. Akibatnya, gerbong itu keluar jalur dan terguling ke jalur kereta yang berdekatan.

Sebuah kereta barang juga disebut terlibat dalam kecelakaan itu.

Vaishnaw menyatakan bahwa orang-orang yang bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut telah diidentifikasi dan upaya untuk memulihkan jalur kereta saat ini sedang dilakukan.

Petugas penyelamat memindahkan puing-puing kereta yang rusak dari jalur kereta api di lokasi tabrakan tiga kereta di distrik Balasore, Odisha, Ind. (ant)

Loading...