D-ONENEWS.COM

Kepala Puskesmas Widang Terkena OTT Dana Jaspel Pegawai, Tersangka Belum Ditahan

Surabaya,(DOC) – Kepala Puskesmas kecamatan Widang Tuban Jawa Timur berinisial SPS (45) terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Jatim.

Dalam OTT ini, petugas kepolisian mengamankan uang tunai ratusan juta rupiah, beberapa HP android, laptop, sekaligus mengamankan sejumlah buku tabungan dan daftar rekap pemotongan uang jasa pelayanan (Jaspel) milik pegawai dan para staff medis Puskesmas Widang.

Usai terkena OTT, pelaku SPS yang selama ini berprofesi sebagai dokter tersebut langsung ditetapkan sebagai tersangka oleh Subdit III Tipidkor Direskrimsus Polda Jatim.

“Pelaku adalah ASN (Aparatur Sipil Negara,red) berpofesi sebagai dokter di Puskesmas Widang. Uang yang diamankan saat OTT sebanyak Rp 171 juta hasil pemotongan dana Jaspel 30 pegawai dan staff medis,” ungkap Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan, Dirreskrimsus Polda Jatim, Kamis(28/3/2019).

Hasil penyidikan kepolisian, terbongkar bahwa seluruh karyawan Puskesmas dikenakan potongan dana Jaspel yang uangnya wajib disetorkan ke bendahara Puskesmas Widang Tuban, Jawa Timur.

“Nilainya mulai Rp. 100 ribu sampai Rp 1 juta perbulan. Uangnya lalu disetorkan ke rekening bank yang dibuka oleh staff TU (tata usaha,red) Puskesmas seperti yang diperintahkan tersangka,” imbuhnya.

Menurut Dirreskrimsus, tersangka mengaku telah mengantongi 40 persen dari total dana Jaspel dan sisanya 60 persen dimanfaatkan untuk keperluan Puskesmas.

Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka, namun SPS tidak dilakukan penahanan karena terbatasnya tenaga dokter yang bertugas di Puskesmas kecamatan Widang Tuban tersebut.

“SPS akan ditahan setelah ada tenaga dokter pengganti di Puskesmas Widang,” tandasnya.

Akibat perbuatannya tersebut, tersangka dijerat pasal 12 huruf E undang-undang (UU) RI, nomor 13 tahun 1999 yang telah diubah dan diperbarui dengan UU nomor 20 tahun 2002 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.(hadi/r7)

Loading...