D-ONENEWS.COM

Khofifah Dapat Dukungan Pedagang Pasar Tanjung

Jember,(DOC) – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa melanjutkan blusukan pasarnya di kota Jember, tepatnya di Pasar Tanjung,  Kamis (7/6) pagi.  Khofifah didoakan sejumlah pedagang melenggang menang di Pilgub Jatim mendatang.

Kedatangan Khofifah disambut antusiasme pengunjung pasar tak terbendung.  Secara bergantian,  ibu-ibu dan anak muda memeluk dan mengajak foto bersama mantan Menteri Sosial tersebut.  “Bu Khofifah semoga sukses ya Bu. kami doakan ibu menang,” kata Solikhan,  pedagang sayur di Pasar Tanjung. 

Pasar seketika riuh lantaran para pedagang berkumpul dan menyanyi yel-yel untuk memenangkan Khofifah-Emil. Khofifah pun tak segan ikut bergabung dengan keriuhan para pedagang.

“Bu Khofifah itu orang yang shalihah, beliau mampu mengemban amanah dengan baik, saya dukung bu Khofifah,” kata Istiqomah, pedagang cincau yang dagangannya diborong Khofifah dan dibagi-bagikan ke pengunjung pasar. 

Khofifah mengatakan bahwa Pasar Tanjung ini sudah bagus dan tertata dengan baik. Hanya saja, seperti sejumlah pasar tradisional Jawa timur saat ini, yakni belum terakomodir adanya warehouse atau gudang di Pasar Tanjung. 

Disebutkan Khofifah, gudang ini sangat penting fungsinya untuk menjaga stabilisasi harga dan juga memberikan rasa aman akan pasokan barang bagi pedagang.  “Kalau ada gudang, maka juga menjadi kontrol harga barang juga di dalam pasar,” kata Khofifah.

Dia juga menginginkan agar kredit usaha rakyat bisa masuk ke dalam pasar tradisional. Agar para pedagang di pasar tidak terjebak jeratan rentenir. 

Dikatakan Khofifah KUR adalah kredit usaha dengan bunga murah yang mendapat subsidi dari pemerintah.  Bunganya hanya 7 persen per tahun. KUR ini sangat membantu bagi pedagang yang membutuhkan dana pinjaman. 

“Saya temukan di sini harga daging ayam yang melambung. Tidak di Pasar Tanjung saja tapi juga di banyak pasar di Jawa Timur, maka ini butuh intervensi,” ucapnya. 

Khofifah berencana nanti untuk menerapkan harga eceran tertinggi untuk daging ayam.  “HET itu akan diterapkan lokal di Jawa Timur sehingga ada kontrol harga yang jelas dan tidak ada spekulan yang mempermainkan harga,” tandasnya. (Ps)

Loading...