D-ONENEWS.COM

Khofifah Ingin Wisata Malang Raya Jadi Bali Baru

Pulau Sempu Malang[/caption]

Surabaya, (DOC)- Upaya mengembangkan Bandara Abdul Rachman Saleh menjadi bandara internasional sekaligus membuat Pemprov Jatim menjadikan Malang Raya sebagai destinasi Bali Baru di Indonesia.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah menjelaskan, adanya Bandara Internasional Abdul Rachman Saleh bisa mendorong munculnya destinasi wisata baru yang belum terekspos. “Destinasi-destinasi wisata yang mungkin terpromote mungkin akan teridentifikasi bisa menjadi satu kesatuan wisata di Malang Raya,” ujarnya.

Khofifah mengungkapkan, destinasi wisata di Kota Batu sudah menjadi semacam trade mark bagi wisatawan lokal maupun asing. Belum lagi spot destinasi lain yang belum banyak terekspose oleh luar daerah. “Nah yang sudah memiliki market prestisius ini kan Batu,” sebutnya.

Khofifah meyakini, bila destinasi wisata tumbuh maka otomatis kemajuan UKM (Usaha Kecil Menengah) atau IKM akan tumbuh. Terlebih di saat bersamaan sejumlah industri kreatif di Malang sedang tumbuh pesat.

“Berarti akan ada proses percepatan penyejahteraan di sektor UMKM kita. Kebetulan kan IKM dan UKM termasuk koperasi juga tumbuh sangat bagus sehingga memungkinkan akan menjadi titik strategis,” tegasnya.

Di samping itu, sejalan dengan program pemerintah dalam bidang pariwisata untuk mengembangkan potensi wisata 10 Bali Baru, Khofifah yakin Malang-Raya akan menjadi salah satu dari 10 Bali Baru di Jawa Timur.

“Katakanlah bila pemerintah akan membentuk program Bali 10, ini (Destinasi Malang Raya) akan jadi Bali Baru karena titik strategis yang menjadi destinasi wisata sudah menjadi luar biasa,” tandasnya. (Pbr)

Loading...

baca juga