D-ONENEWS.COM

KPU Ajukan Rp 85 Milliar Untuk Menyelenggarakan Pilwali Surabaya 2020

foto : Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya

Surabaya,(DOC) – Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020 mendatang, ditaksir membutuhkan anggaran sekitar Rp 85 milliar.

Estimasi anggaran Pilwali tersebut disusun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya dan masih dalam proses pengajuan.

“Artinya anggarannya naik Rp 13 milliar disbanding pelaksanaan Pilwali 2015 lalu. Tapi anggaran Rp 85 milliar itu masih pengajuan dan belum dibahas hingga disinkronkan,” ungkap Nur Syamsi Komisioner KPU Surabaya, Jumat(14/6/2019).

Ia mengatakan, pada Pilwali periode 2015 lalu, menghabiskan anggaran sebesar Rp 72 milliar. Pilwali Surabaya, lanjut Nur Syamsi, rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2020 mendatang, bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Pemenuhan kebutuhan anggaran Pilwali 2020, akan ditanggung oleh APBD kota Surabaya, sehingga, kata Nur Syamsi, pihak KPU akan segera melakukan koordinasi dengan DPRD dan Pemkot Surabaya.

“Karena anggaran pemilihan dianggarkan melalui APBD Surabaya, maka kami akan berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya,” ucapnya.

Pembahasan anggaran penyelenggaraan Pilwali memang sudah harus dibahas setahun sebelum penyelenggaraan, karena pengalokasi anggaran mengikuti penyusunan APBD tahun berikutnya.

“KPU sudah menyusun anggaran Pilwali sejak awal Juni 2019. Kini proses pengajuan. Terserah angka Rp 85 miliar itu akan bagaimana nantinya, ditentukan saat pembahasan antara pihak Pemkot dan KPU Surabaya,” tambahnya.

Sementara itu menyinggung soal pemilihan ketua KPU Surabaya yang baru,Nur Syamsi menegaskan, masih akan dirembugg dengan kelima anggota KPU yang baru.

“Posisi Ketua KPU perlu untuk mempermudah proses koordinasi. Secepatnya akan dirembug dan ditentukan,” pungkasnya.(robby/r7)

Loading...