D-ONENEWS.COM

Lima Orang Daftar ke PSI Surabaya Ikut Pilkada 

Lima Orang Daftar ke PSI Surabaya Ikut Pilkada Surabaya,(DOC) – Pelaksana tugas (Plt) Ketua Dewan pengurus daerah (DPD) Partai Solideritas Indonesia (PSI) kota Surabaya Shobikin menyatakan, bahwa ada 5(lima) orang yang telah mengambil formulir pendaftaran bakal calon wali kota (Bacawali) dan bakal calon wakil wali kota (Bacawawali) untuk maju di Pilkada Surabaya.

Kelima orang tersebut, sambung Shobikin, belum ada yang mengembalikan formulir pendaftaran untuk di ajukan ke DPP PSI guna mendapatkan rekomendasi sebagai Bacawali dan Bacawawali Surabaya.

“Komunikasi banyak. Tapi yang ambil formulir  5 orang dan belum ada yang mengembalikan. Kelima orang itu memiliki latar belakang yang berbeda. Ada profesional dan politisi juga,” ungkap Shobikin.

Dalam pencalonan di Pilkada nanti, PSI harus melakukan koalisi dengan partai politik (Parpol) lain sebagai syarat untuk mengusung pasangan calon kepala daerah. Menurut Shobikin, PSI kini masih menjalin komunikasi secara intens dengan Partai Gerindra soal rencana koalisi di Pilkada Surabaya.

Mengenai pemilihan Bacawali dan Bacawawali, PSi dan Gerindra tetap melakukan penjaringan dengan cara dan mekanisme partainya masing-masing. “Masih terus komunikasi intens, mereka kan punya mekanisme beda dengan kita. Kita kan terbuka. Buka pendaftaran menjaring putra-putri terbaik untuk membangun Surabaya. Dan Gerindra kayaknya tidak melakukan itu, mungkin punya mekasime internal sendiri,” jelasnya.

PSI Belum Pastikan Kaesang Pangarep Maju di Pilkada Surabaya 2024

Bertebarnya spanduk bergambar putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum (Ketum) DPP PSI, Kaesang Pangarep di sejumlah sudut kota Surabaya, di nilai sebagai aspirasi arus bawah yang menjadi perhatian DPD PSI Surabaya.

Shobikin menjelaskan, bahwa spanduk gambar Ketum DPP PSI yang tak di ketahui siapa pemasangnya, memang di tulis atas nama komunitas di Surabaya yang menginginkan Kaesang maju di Pilkada Surabaya.

“Terus terang kita tidak tahu itu yang memasang siapa. Tapi bisa kita lihat dengan kasat mata, mungkin itu aspirasi dari arus bawah yang menghendaki sang ketum (Kaesang) idola mereka untuk maju di Pilwali Surabaya. Tapi terus terang saya tidak bisa mengkonfrontir pihak yang memasang,” tegasnya.

Mengenai peluang Kaesang untuk terjun dalam Pilwali Kota Surabaya 2024, Shobikin menyebut hingga saat ini pihaknya belum menerima arahan ataupun informasi resmi dari DPP.

“Sementara ini belum ada komunikasi apakah akan mengusung Mas Kaesang atau tidak. Jadi kita juga tidak tahu yang bersangkutan berkenan atau tidak. Kita juga belum tahu,” paparnya.

Sekretaris DPW PSI Jatim ini juga menyebut bahwa Kaesang juga mengenal baik pasangan petahana Eri Cahyadi dan Armuji. Bahkan hubungan antara PSI dan Eri-Armuji memang sudah terajut secara baik sejak Pilwali Kota Surabaya 2020 lalu.

“Bro Ketum sangat mengenal (Eri-Armuji), saya kira secara informal, mereka juga sudah komunikasi. Karena mereka sama-sama bergulat di dunia politik,” pungkasnya.(r7)

Loading...

baca juga