Maluku Dilanda Bencana Kelaparan, 3 Warga Tewas

Tidak ada komentar 277 views

Maluku (DOC) – Di tengah gegap-gempita politik nasional jelang Pilpres 2019, peristiwa tragis dan memilukan terjadi di wilayah pedalaman Maluku Utara. Sedikitnya 3 warga Desa Maneo Rendah, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi tewas akibat kelaparan.

Kelaparan telah menjadi bencana yang meluas di wilayah pedalaman Maluku akibat perkebunan masyarakat suku terpencil terserang hama babi hutan dan tikus. Kondisi ini membuat warga mengalami krisis bahan pangan.

“Data dari Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Maluku Tengah, ada 3 orang maninggal dunia terdiri dari 1 lansia dn 2 anak,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Maluku, Ida Salampessy, Selasa (24/7/2018).

Dalam data laporan BPBD Kabupaten Maluku Tengah, tewasnya ketiga warga itu telah dilaporkan langsung oleh Raja Negeri Maneo Rendah kepada Bupati Maluku Tengah melalui surat resmi pada tangal 10 Juli dan meninggalnya 3 warga pada 7 Juli 2018.

“Laporan kronologis kejadian luar biasa (bencana kelaparan) dari BPBD Kabupaten Maluku Tengah menjelaskan masyarakat mengalami busung lapar dan gangguan kesehatan selain itu juga masyarakat mengalami kekurangan bahan pangan,” ujar Ida.

Dua hari lalu, Bupati Maluku Tengah memerintahkan Kepala Penanggulan Bencana bersama tim kaji cepat melakukan identifikasi lapangan. Masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Mause Ane terdari dari 3 daerah yang dihuni. Di antaranya Bantaran Sungai Kobi, Laihaha, Bentaran Sungai Tilupa yang memeliki jumlah kepala keluarga sebanyak 45 dan jumlah 170 jiwa.

Sampai saat ini belum adanya penangganan dari pihak mana pun. Sehingga dikhawatirkan korban meninggal akan bertambah. Rencananya, Pemdan Kabupaten Maluku Tengah dan Organisasi perangkat desa akan mengirim bantuan logistik esok hari.(dtc/ziz)

Tag: