D-ONENEWS.COM

Massa Demo di Kantor Konjen Australia Surabaya, Minta Veronika Koman Dipulangkan

Foto ; Demo massa JSI dan Forkompemnus di Konjen Australia di Surabaya

Surabaya,(DOC) – Veronica Koman yang disebut pihak kepolisian sebagai aktor penyebar Hoax kasus Papua diduga melarikan diri di Australia.

Pemerintah Australia diminta memulangkan Veronica Koman ke Indonesia untuk mempertanggungjawabkan perbuatan melawan hukum tersebut.

Pernyataan ini disampaikan oleh sejumlah massa yang tergabung dalam Jaringan Satu Indonesia (JSI) dan Forum Komunikasi Pemuda Nusantara (Forkompemnus), saat menggelar aksi unjukrasa di Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Jalan Ir Soekarno, Surabaya, Jumat (13/9/2019).

Sahidin koordinator aksi mendesak, Konjen Australia di Surabaya harus memperjuangkan kepulangan Veronica Koman ke Indonesia, karena sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Konjen Australia di Surabaya harus turun tangan menyampaikan kepada Pemerintah Australia agar memulangkan VK(Veronica Koman,red) untuk mempertanggungjawabkan Status hukumnya, karena sudah ditetapkan sebagai tersangka di Polda Jawa Timur,” ucap Sahidin.

Ia kuatir kasus serupa akan terulang lagi, jika tidak diusut tuntas.

JSI dan Forkompemnus menilai VK terkait kasus ujaran kebencian dan penyebaran berita bohong hanya sebagai upaya dia untuk mencari panggung dimata international dengan memanfaatkan isu-isu HAM.

“VK mengaku sebagai aktivis HAM, tapi pernyataan dan langkah-langkah yang dia lakukan bukan meredam permasalahan, justru makin memperkeruh suasana. Dia salah satu aktor penyulut kerusuhan di Papua. Dia mengadu domba masyarakat antar daerah dengan tingkah dia terutama di media sosial,” paparnya.

“Kami yakinkan, di Indonesia kami tidak mempunyai persoalan yang begitu heboh seperti di media sosial. Karena ulah VK ini, mata masyarakat Indonesia bahkan dunia melalui informasi yang VK sebarkan membuat persoalan makin panjang dan sebabkan perpecahan,” tegasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya Mendesak Konjen Autralia untuk berani ambil sikap tegas terkait kasus pelanggaran hukum VK. Disamping itu juga mendesak Interpol untuk membantu menangkap VK yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, dan menyerahkannya kepada Polri.

“VK harus segera kembali ke Indonesia dan mengikuti proses hukum di Indonesia,” pungkasnya.

Sebelum di Konjes Australia, massa menggelar aksi di depan Polda Jawa Timur. Pelbagai poster dibentangkan diiringi dengan yel-yel.(hadi)

Loading...