D-ONENEWS.COM

Menkes: Tes Antigen/PCR Akan Jadi Sesuatu yang Tidak Diwajibkan

Menkes Budi Gunadi

Jakarta (DOC) – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan ketentuan tes antigen atau PCR ke depan tidak akan diwajibkan lagi oleh pemerintah, melainkan diharapkan menjadi kesadaran sendiri oleh masyarakat.

“Tes PCR, antigen apakah dihapus? Mungkin yang lebih tepat jawabannya begini, tidak akan menjadi sesuatu yang diwajibkan atau disuruh pemerintah. Tapi kita harapkan itu menjadi kesadaran masyarakat,” jelas Budi, dilansir dari laman Antara, Senin (2/1).

Dia mengatakan pemerintah secara bertahap akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan tes antigen atau PCR secara mandiri manakala merasa sakit.

Diharapkan kesadaran masyarakat melakukan tes antigen atau PCR sama halnya kesadaran publik saat melakukan tes demam menggunakan termometer.

“Secara bertahap nanti kita akan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk tes PCR atau tes antigen, mirip dengan dia cek suhu dengan termometer. Ini cek antigen atau PCR kalau dia merasa sakit. Analogi nya seperti itu,” jelasnya. (ant)

Loading...