D-ONENEWS.COM

MoU Indonesia dan Arab Saudi Belum Keluar, Ibadah Haji Tahun Ini Belum Pasti

Surabaya,(DOC) – Kepastian kuota haji bagi warga Indonesia belum bisa dipastikan untuk tahun 2022 ini, mengingat MoU Republik Indonesia dan Saudi Arabia belum juga keluar sampai sekarang.

Hal ini disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Prof. Dr. Hilman Latief disaat pembukaan serfitikasi pembimbing manasik haji profesional tahun 2022 Jawa Timur.

“Yang tau hanya Allah dan Raja Saudi,” ujar Hilman, Senin (28/2/2022) tadi malam.

Ia menjelaskan, jika MoU antara Indonesia dan Saudi Arabia perihal haji belum juga keluar, menunggu pada pertemuan Pemerintah Indonesia dan Saudi Arabia nantinya.

“MoU belum keluar, tapi kami, Pak Menteri sudah diundang untuk menghadiri muktamar Haji dan Umroh yang diselenggarakan pada 21-23 Maret, banyak menteri yang sudah diundang, kita belum tau nih kenapa harus datang,” terangnya.

Dengan adanya pertemuan tersebut, Hilman berharap pertanda baik bagi calon haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini, sehingga tak menunggu lama lagi.

“Mudah-mudahan ini menjadi tanda yang baik, karena banyak mengundang menteri, yang kedua offline, yang ketiga pamerannya besar sekali, lha ini mudah-mudahan menjadi tanda,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada umroh tahun lalu, Saudi Arabia sudah mendorong jamaah. Karena menurut penilaian Saudi Arabia, Omicron tak seganas varian Delta.

“Berbeda dengan tahun lalu, kita Umroh jadi ga di push oleh Saudi, mudah-mudahan dengan berbagai permasalahannya, dan kita juga tau bahwa Omicron ini tidak terlalu berbahaya,” jelasnya

“Ini juga menjadi indikasi yang baik untuk haji kedepan,” imbuhnya.(ngga)

Loading...

baca juga