D-ONENEWS.COM

Pembangunan Radial Road Sambikerep Surabaya Capai 70%, Siap Atasi Kemacetan

Pembangunan Radial Road Sambikerep Surabaya Capai 70%, Siap Atasi Kemacetan
Pembangunan Radial Road Sambikerep Surabaya Capai 70%, Siap Atasi Kemacetan

Surabaya, (DOC) – Pembangunan radial road di Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, kini telah mencapai 70 persen. Informasi ini di sampaikan oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kawasan tersebut pada Senin (15/7/2024).

Wali Kota Eri Cahyadi menyatakan bahwa radial road ini akan terdiri dari dua jalur. Satu jalur di harapkan selesai pada akhir September 2024, sementara jalur lainnya di jadwalkan rampung pada tahun 2025.

Pengerjaan radial road yang membentang dari bundaran G-Walk ke arah timur Jalan Lontar hingga Jalan Yono Soewoyo (depan PTC) ini di harapkan dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di daerah tersebut.

“Proyek ini sudah mencapai 70 persen. Radial road ini akan membantu mengurai kemacetan di Lontar karena ruas jalannya sekitar 20 meter. Dengan pedestrian seluas empat meter, lebar jalan menjadi 16 meter yang di bagi menjadi tiga lajur,” ujar Wali Kota Eri.

Target Selesai September 2024

Dalam inspeksi kali ini, Wali Kota Eri memeriksa secara terperinci proses pengerjaan radial road dan memberikan beberapa koreksi, seperti jalur pedestrian yang dinilai terlalu lebar.

“Jalur pedestrian akan dipangkas menjadi empat meter saja agar tidak mengganggu jalan utama,” tambahnya.

Wali Kota Eri menargetkan satu jalur radial road bisa beroperasi pada September 2024 dan optimistis meskipun hanya satu jalur, ini akan efektif mengurangi kemacetan di Jalan Lontar.

“Tahun ini, satu jalur akan selesai pada September. Tahun 2025, jalur berikutnya. InsyaAllah, kalau proyek ini selesai, tidak akan ada kemacetan lagi di kawasan Lontar,” lanjutnya.

Setelah pengerjaan satu jalur radial road selesai, Wali Kota Eri akan menambahkan rambu-rambu untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

“Kita akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di Lontar,” jelas Wali Kota Eri.

Sebagai informasi, radial road di kawasan Surabaya Barat memiliki luas sekitar 54.724 meter persegi. Pada November 2023 lalu, pengerjaan radial road di Lontar mencapai 45 persen dan kini telah berkembang menjadi 70 persen. Wali Kota Eri optimistis pada akhir September, satu jalur dengan tiga lajur akan selesai. (r6)

Loading...

baca juga