D-ONENEWS.COM

Pemekaran Kawasan Hunian Korban Erupsi Semeru, Bakal Ditambah RT/RW dan Dusun

Lumajang,(DOC) – Lokasi hunian korban erupsi semeru di Bumi Semeru Damai (BSD) bakal di tambah perangkat RT/RW atau dusun di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lumajang Thoriqul Haq usai memimpin rapat koordinasi evaluasi pembangunan huntara, Rabu (18/5/2022).

“Ada pertimbangan dari banyak hal yang paling cepat memang tidak ada desa baru, tetap di desa Sumbermujur mungkin penambahan RT/RW dan dusun, itu jauh lebih mudah secara administratif,” ujar cak Thoriq.

Ia menyampaikan, apabila dikawasan tersebut dijadikan Desa nantinya urusannya sampai ke kementrian dalam negeri, bakal memperumit proses administratifnya.

“Kalau membuat Desa lagi urusannya sampai melibatkan Kemendagri, Kementrian Desa. Selain itu, harus ada dana Desa yang masuk ke sana jadi ngurus administrasinya lebih rumit,” ujar Bupati.

Thoriqul Haq mengatakan, apabila pembangunan huntap dan huntara sudah rampung dan nantinya semua penyintas erupsi semeru akan pindah ke hunian baru, karena kawasan BSD akan dimasukan Desa Sumbermujur.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, sekitar 130 kepala keluarga sudah bisa menempati hunian yang ada di relokasi.

“Jadi nanti bertahap akan ada tahap kedua kita cek list lagi yang sudah selesai semua antara pembangunan hunian tetap dan huntara.

Tetap kita akan masukan lagi tahap kedua beberapa keluarga untuk menempati hunian direlokasi ini,” pungkasnya.

Saat ini pembangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) di tempat relokasi Desa Sumbermujur terus dikerjakan.(imam)

Loading...

baca juga