D-ONENEWS.COM

Pemkot Kawal Kunjungan Kapal Pesiar Viking Sun ke Surabaya, Antisipasi Penyebaran Corona

Surabaya,(DOC) – Kapal Pesiar Viking Sun yang mengangkut 1.600 wisatawan mancanegara (Wisman) rata-rata dari Australia akan bersandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat(06/03/2020).

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk menyambut kedatangan para Wisma tersebut. Antisipasi ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kami sudah komunikasi dengan Kementerian Kesehatan RI maupun Dinas Kesehatan Provinsi. Nanti sebelum mereka mendarat akan ada pemeriksaan semuanya secara menyeluruh,” ujar Risma di rumah dinas Jl Sedap Malam, Senin(02/03/2020).

Risma mengatakan, telah menyiapkan Satgas Kesehatan yang bertugas memeriksa seluruh penumpang kapal pesiar yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Kami sudah siapkan peralatan di pelabuhan. Kalau ada indikasi maka langsung bisa ditangani. Kalau tidak apa apa, ya tidak apa apa,” katanya.

Menurut Risma, Satgas Kesehatan telah terbentuk sejak dia mengeluarkan surat edaran ke warga beberapa waktu lalu. Selain satgas, seluruh Rumah Sakit di Surabaya telah siap menangani sewaktu-waktu dibutukan.

“Kami sudah bentuk Satgas sejak saya buat ederan ke warga. Tidak hanya RS-RS milik pemerintah tapi seluruh RS di Surabaya sudah siap menangani,” katanya.

Sementara itu, Wilis Aji Humas Pelindo III Regional Jatim mengatakan, rencana kedatang Kapal Pesiar Viking Sun belum ada informasi pembatalan.

Namun, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya untuk pemeriksaannya.

“Belum ada rencana pembatalan. Kami akan mempersiapkan keperluan di pelabuhan,” katanya.(robby)

Loading...

baca juga