D-ONENEWS.COM

Pemkot Lamban Tangani Ijazah Palsu

Surabaya,(DOC) – Beredarnya ijasah  asli tapi palsu(Aspal) yang dikantongi oleh para  Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Surabaya, nampaknya tak direspon serius oleh Bagian Kepegawaian dan Inspektorat Kota Surabaya.

Kasus yang kini sudah menjadi sorotan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi(Menpan RB), baru disikapi dengan meng-crosscheck ke lembaga pendidikan yang mengeluarkan ijazah Aspal tersebut.

Padahal sebelumnya, Menpan RB – Yuddy Chrisnandi, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 03 tahun 2015 tentang penugasan pihak inspektorat mulai pusat hingga daerah untuk melakukan pemeriksaan terhadap PNS yang mengantongi ijazah Aspal.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPRD kota Surabaya – Masduki Toha mengusulkan agar Pemkot membentuk tim verifikasi untuk melakukan investigasi ke sejumlah lembaga pendidikan yang mengeluarkan ijazah Aspal.

“Investigasi mulai dari Sekolah Dasar, SMP, SMA hingga perguruan tinggi S1, S2 maupun S3. Lalu secara bersamaan Pemkot memverifikasi seluruh ijazah pegawai, bahkan bila perlu ijazah anggota dewan juga,”tegasnya.

Sementara itu, Sigit Sugiharsono Kepala Inspektorat Pemkot Surabaya mengelak jika dianggap tak serius, mengingat pengajuan tingkatan sekolah berdasarkan ijazah sudah dijalankan seiring bersama dengan BKD.

“Kita sudah  mengecek nomer register ijazah ke sekolah atau perguruan tinggi yang mengeluarkan. Tapi kalau mengenai keabsahan lembaga pendidikannya, kita menunggu petunjuk dari  pusat,” kata Sigit.

Ia menjelaskan, tugas Inspektorat yaitu melakukan pengecekan pada sekolah atau universitas terkait ke absahan ijazah yang di anggap Aspal. “Kalau terkait keberadaan lembaga pendidikannya, perlu verivikasi hingga ke pusat,” pungkasnya.(r7)

Loading...