D-ONENEWS.COM

Pemprov Jatim Resmi Tutup RSDL Bangkalan

Surabaya (DOC) – Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Bangkalan atau Rumah Isolasi OTG Pemprov Jawa Timur, secara resmi ditutup per tanggal 15 Juni 2022. Penutupan itu, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/401/KPTS/013/2022.

Berdasarkan SE tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam pertimbangannya menjelaskan, bahwa berdasarkan data kondisi saat ini, penanganan pandemi Covid-19 sudah semakin terkendali dan Pemerintah Pusat telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

“Yang menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 kemungkinan akan segera berakhir dan menjadi endemi,” ungkap Radian Jadid, pendamping pasien Covid-19 dalam siaran pers, Rabu (22/6).

Selain itu RSDLB sudah tidak merawat pasien Covid-19, sehingga untuk efisiensi anggaran kegiatan operasional, pelayanan RS lapangan tersebut segera dihentikan dan dilakukan penutupan. Juga adanya pertimbangan bahwa masa pinjam pakai barang milik negara kepada Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) telah selesai dan harus dikembalikan dan dituangkan dalam berita acara serah terima.

“Dengan SK tersebut maka jelaslah bahwa seluruh operasional dan segala hal yang terkait tugas, wewenang dan tanggungjawab seluruh personil di lingkungan RSDLB dalam menangani Covid-19 telah selesai dan sudah saatnya relawan pendamping pamit, melanjutkan tugas kemanusiaan di tempat yang lainnya,” imbuhnya.

Jadid tak lupa menyampaikan terima kasih kepada awak media dan kawan-kawan jurnalis yang sungguh luar bisa membantu memberitakan progres dan capaian RSDLB. Serta tiada henti membantu mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

“Media menjadi salah satu pilar yang cukup kokoh dan signifikan dalam penanggulangan Covid-19, khususnya menyajikan pemberitaan yang dapat membantu masyarakat memahami dan berkontribusi dalam upaya mengatasi Covid-19,” ucapnya.

Dari data PPKPC-RSDLB, selama satu tahun beroperasi, dengan melibatkan lebih dari 56 personil relawan (nakes dan non nakes) serta 46 tenaga security dan CS, dan kapasitas 336 bed/tempat tidur, RSDLB telah menangai sejumlah 916 pasien covid-19.

Adapun rincian status pasien tersebut, 836 orang (466 laki-laki dan 370 perempuan) dinyatakan sembuh, 32 orang dirujuk ke faskes yang lebih tinggi serta 48 orang melanjutkan isolasi mandiri. Sedangkan angka kematian adalah 0 (nol). (ris)

Loading...