D-ONENEWS.COM

Pendaftar CPNS Kini Boleh Berusia 40 Tahun

Ilustrasi

Jakarta (DOC) – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuka kesempatan bagi mereka yang berusia 40 tahun untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Tentu saja ada syaratnya. Keputusan ini telah dikukuhkan dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2019 pada 3 Juli 2019 yang ditandatangani Presiden Jokowi Widodo (Jokowi).

Sekretaris KemenPAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji mengungkapkan, ada 6 posisi yang bisa dilamar oleh mereka yang berusia 35-40 tahun yaitu dokter, dokter gigi, dokter pendidikan klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa. Mereka yang usianya di rentang 35-40 tahun pendidikan minimalnya adalah dokter atau dokter gigi spesialis atau doktor (S3).

Sementara, jika pelamar berusia maksimal 35 tahun, tidak harus memiliki pendidikan dokter/ spesialis atau doktor (S3). Khusus untuk dosen, sesuai UU tentang Guru dan Dosen, pendidikan minimal adalah S2 atau yang setara.

Disebutkan, kebijakan ini diambil pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tenaga pada enam jabatan itu dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, hasil penelitian, dan perekayasaan teknologi.

Dwi Wahyu menuturkan, hingga saat ini Kemenpan RB tengah melakukan finalisasi penetapan formasi untuk pengadaan CPNS 2019, baik instansi pusat atau daerah.

Setelah penetapan formasi selesai, setiap instansi yang mendapatkan formasi akan mengumumkan pengadaan CPNS di instansi masing-masing.

Pengumuman itu terdiri dari jabatan yang lowong dan akan diisi, jumlah formasi untuk setiap jabatan, persyaratan setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), tata cara dan waktu pendaftaran.

“Pengumuman pengadaan CPNS 2019 akan diumumkan sekitar akhir September/awal Oktober 2019 melalui website Kementerian PANRB dan website instansi masing-masing,” ujar Dwi Wahyu dalam keterangannya di laman KemenPAN-RB, Selasa (10/9/2019).

Masyarakat diimbau selalu waspada terhadap segala jenis informasi berkaitan dengan pengadaan CPNS. Jangan sampai tertipu.

“Tak ada seorang pun yang dapat membantu kelolosan seseorang agar dapat diterima menjadi CPNS,” kata Dwi Wahyu.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga