D-ONENEWS.COM

Perayaan Nyepi di Surabaya Diperingati Pawai Ogoh-Ogoh Pemilu

Surabaya,(DOC) – Ribuan warga beragama Hindu yang tinggal di Surabaya menggelar pawai Ogoh-Ogoh, Rabu(6/3/2019) sore, untuk menyambut Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1941, yang jatuh pada Kamis(7/3/2019) besok.

Pawai Ogoh-Ogoh yang rutin digelar setiap tahun ini, berlangsung disekitaran Pura Segara Kenjeran kota Surabaya, dengan mengelilingi pemukiman warga.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, pada pawai Ogoh-Ogoh sekarang para pesertanya bukan hanya dari kalangan umat Hindu saja, tapi juga anggota TNI-AL Surabaya dan anak-anak.

Hal ini sengaja digelar untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019 agar berlangsung aman dan nyaman.

Ornamen pawai yang dibawa oleh ribuan peserta juga bukan simbol dari agama Hindu saja, tapi ikon-ikon aparat milik TNI AL. Sehingga menghasilkan karakter pawai yang unik, sebagai lambang keharmonisan dan keberagaman masyarakat di Indonesia.

Nampaknya juga sejumlah patung Ogoh-Ogoh mini yang diarak oleh ratusan anak-anak sekitar pemukiman dan para pemeluk agama Hindu di Surabaya. Mereka terlihat menikmati suasana saat mengarak patung ogoh-ogoh tersebut.

“Lewat kegiatan ini harapannya masyarakat dapat bersatu dan bersama-sama mengaman Pemilu,” ungkap Nyoman Sutranta, Ketua Panitia Pawai Ogoh-Ogoh.

Pawai Ogoh-Ogoh tahun ini, mengambil tema Catur Brata Penyepian Untuk Mensukseskan pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.(hadi/r7)

Loading...

baca juga