D-ONENEWS.COM

Peringati Harlah Muslimat NU, Khofifah Bagikan Zakat Produktif dan Sembako

Jember, (DOC) – Ketua Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa menggelar operasi pasar murah, memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-78 Muslimat NU. Kegiatan tersebut berpusat di City Forest and Farm, Kabupaten Jember, Rabu(31/01/2024).

Gelaran pasar murah ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menjaga kestabilan harga bahan pokok di Jatim.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur periode 2017-2023 membagi-bagikan produk sembako gratis kepada Lansia, berupa beras kemasan 5 kilogram. Anak-anak yang ikut belanja ibunya, mendapatkan telur ayam dari Khofifah. Ia berpesan kepada ibunya, untuk memperhatikan gizi anaknya agar tidak stunting.

“Di setiap titik saya selalu membagi telur kepada anak-anak, balita, dan ibu hamil. Harapan kita, mereka memahami pentingnya protein dan pemenuhan gizi,” kata Khofifah.

Sementara itu, harga sembako yang di jual di pasar murah semuanya di bawah HET. Seperti beras SPHP kemasan 5 kilog di jual Rp52.000,- atau Rp10.400 perkilo. Beras Kita Premium kemasan 5 kilo di jual Rp60.000,- atau Rp12.000 perkilo.Telur ayam Rp24.000 perkilo, gula pasir Rp14.000 perkilo, minyakkita Rp13.000 perliter dan minyak sovia kemasan 2 liter di jual Rp32.000,-.

HET beras medium di Kabupaten Jember di patok Rp10.900 perkilo. Minyakkita di jual Rp14.000 perliter, gula pasir Rp16.000 perkilo dan dan telur ayam ras Rp27.000 perkilo.

“Kita berharap kegiatan ini menjadi penetrasi harga yang dapat di jangkau masyarakat. Semua di jual di bawah HET,” katanya.

“Jadi secara harga sudah memenuhi keterjangkauan daya beli masyarakat. Saya imbau kepada setiap kepala daerah, tolong di jaga stabilisasi harganya,” imbuhnya.

Pasar murah ini, sambung Khofifah, merupakan bagian upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk melakukan monitoring dan pengendalian terhadap harga bahan pokok.

Ketersediaan Bahan Pokok Relatif Aman

Di latari dengan adanya kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) secara year on year (y-o-y) pada Desember 2023 sebagaimana di catatkan Badan Pusat Statistik (BPS). Angka sebelumnya 114,25 di Desember 2022 menjadi 117,59 pada bulan yang sama di tahun 2023.

“Jadi kami sering sidak dan menggelar pemantauan langsung di berbagai pasar di Jawa Timur untuk mendorong agar harga terjaga. Selain itu kami juga memastikan ketersediaannya mencukupi,” katanya.

Mengenai ketersediaan bahan pokok, menurut Khofifah, relatif dalam kondisi aman. Sehingga, masyarakat tidak perlu takut kekurangan. Meski begitu, ia mengakui, bahwa masih ada bahan pokok yang di jual di atas HET.

“Alhamdulillah, suplai serta ketersediaan Bapok(bahan pokok) kita relatif dalam kondisi cukup dan aman,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Khofifah membagikan bantuan zakat produktif dan paket sembako kepada 39 orang pedagang makanan dan minuman yang berjualan di sekitar lokasi pasar murah. Paket bantuan berupa beras 5 kilo, minyak goreng, gula, sarden, mie instan, gula dan kopi.

”Mudah-mudahan Bu Khofifah rezekinya lancar, sehat selalu dan panjang umur. Bantuan zakat produktif akan saya pakai untuk tambahan modal usaha,” ucap Muhairin pedagang sate yang menerima bantuan zakat produktif dari Khofifah.(imam/r7)

 

Loading...

baca juga