D-ONENEWS.COM

Perkuat 4 Pilar, Mendagri Perintahkan Camat Sinergi dengan TNI-Polri

Jakarta (DOC) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo meminta para camat lebih bersinergi dengan pihak Kepolisian dan TNI di tingkat kecamatan untuk menjaga empat pilar berbangsa dan bernegara. Tjahjo menyebut, masih banyak camat yang belum mengoptimalkan peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat.

“Banyak camat kita, saya sering setiap tahun rakor camat ini, seorang camat itu lupa kalau di wilayahnya ada yang namanya Babinsa, yang namanya Bhabinkamtibmas,” kata Tjahjo di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019).

Tjahjo menuturkan, sinergi antara ASN bersama TNI-Polri memang sudah terwujud dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang ada di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Namun, Tjahjo ingin agar sinergitas tersebut diturunkan ke tingkat yang lebih kecil yaitu kecamatan yang menaungi kelurahan dan desa.

“Urusan ideologi, bukan urusan TNI/Polri saja, atau bukan urusan Presiden saja, kita semua ikut menjaga dan mengamalkan empat pilar berbangsa dan bernegara, itu harga mati,” kata Tjahjo.

Di samping itu, Tjahjo juga menganjurkan para sekretaris daerah menyelipkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap pidato yang akan disampaikan oleh kepala daerah.

“Sekda kalau buat sambutan untuk Gubernur atau kepala daerahnya coba selipkan mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Membuat Perda juga masukan sila dari Pancasila, dijabarkan dalam program. Kalau begitu negara kita akan aman,” ungkapnya.

Empat pilar yang dimaksud Tjahjo adalah Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-Undang 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga