D-ONENEWS.COM

Potensi Banjir Lahar Dingin, BMKG Memprediksi Hujan Turun Selama 7 Hari

Lumajang, (DOC) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya curah hujan selama 7 hari dan terjadi potensi bencana banjir lahar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Balai BMKG Wilayah III, Agus Wahyu Raharjo di Posko di Lapangan Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Pasirian.

“Jadi perkiraan cuaca untuk 7 hari kedepan ini jadi masih berpeluang terjadi hujan dari ringan sedang diseluruh kawasan di semeru,” ujar Agus Wahyu.

Ia menyampaika, kepada masyarakat untuk tetap waspada, karena adanya hujan abu ini, khawatir dengan turunnya hujan bisa terjadi banjir lahar.

“Intensitas hujan, dapat memicu terjadinya banjir lahar. Karena banyaknya material abu vulkanik yang mudah terbawa oleh air hujan. Kami dari BMKG akan terus update informasi terkait kejadian bencana,” terangnya.

Agus menyampaikan, akan melakukan update data dengan periode 3 jam. Nantinya data tersebut nanti akan dikirimkan ke masing-masing stakeholder juga TNI-Polri untuk diwaspadai.

Perkiraan cuaca dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah, seperti di Kecamatan Poncokusumo, Wajak, Ampelgading, Tirtoyudo Kabupaten Malang. Dan di Kabupaten Lumajang seperti di Kecamatan Pronojiwo, Tempursari, Candipuro, Pasrujambe dan Senduro.(Imam)

Loading...

baca juga