Presiden Jokowi Sampaikan Duka Cita Mendalam Bagi Korban Gempa Lombok

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa duka cita mendalam kepada para korban bencana gempa di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saya atas nama pribadi dan atas nama masyarakat Indonesia mengucapkan duka cita yang mendalam atas banyaknya saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Barat yang meninggal karena gempa bumi, sore hari kemarin,” kata Jokowi di sela meninjau atlet dan venue Pencak Silat di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Senin dini hari jumlah korban meninggal dunia akibat gempa sebanyak 82 orang.

Pada Minggu malam, Presiden Jokowi langsung memerintahkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk mengkoordinasikan penanganan pascagempa di NTB.

“Tadi malam saya sudah memerintahkan kepada Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan seluruh jajaran yang terkait dengan ini. Baik TNI, Polri, dan Pemda NTB dan lain-lain agar penanganan gempa bisa dilakukan secepat-cepatnya,” ujar Jokowi.

Penanganan pascagempa yang dimaksud, antara lain evakuasi korban, perawatan medis untuk para korban terluka dan bantuan logistik untuk masyarakat yang berada di pengungsian.

Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter mengguncang NTB, Minggu kemarin pukul 18.46 WIB. Gempa tidak hanya terasa di wilayah NTB, namun juga di Bali hingga Nusa Tenggara Timur. BNPB mendata, lokasi paling parah terdampak gempa, yakni Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram.(kcm/ziz)