D-ONENEWS.COM

Produksi APD, AMS Mendapat Apresiasi Bupati Lumajang

Lumajang,(DOC) – Bupati Thoriqul Haq mengapresiasi langkah-langkah Komunitas Adventure Makelar Surga (AMS) yang telah memproduksi sendiri Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis penanganan covid-19 di Kabupaten Lumajang.

“Ini (memproduksi sendiri APD, red) sangat membantu kami pemerintah untuk pemenuhan tenaga medis dalam melakukan penanganan pencegahan penyebaran corona,” kata bupati saat mengunjungi lokasi pembuatan APD, di Desa Klanting, Sabtu (4/4/2020).

Bupati menyebutkan, bahwa langkah-langkah tersebut telah dinilai menjadi solusi terhadap pemenuhan APD. Sebab merebaknya covid-19 mengakibatkan APD mengalami kelangkaan/minim.

“Kami terus melakukan prioritas – prioritas yang penting untuk semua bisa terselesaikan, termasuk soal APD,” terang bupati.

Ketua Adventure Makelar Surga Kabupaten Lumajang, Niken menjelaskan, hingga saat ini, total dana yang berhasil dihimpun untuk pembuatan APD tercatat sejumlah 88 juta dari donatur. Sedangkan kebutuhan pembuatan APD tercatat sebanyak 5.220 unit per-bulan dan ditargetkan hingga pertengahan April nanti.

“Ini sumbangan dari banyak masyarakat, komintas yang ada di Lumajang dan bukan hanya AMS saja,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia menyebutkan, bahwa langkah tersebut telah dinilai menjadi salah satu solusi terhadap melonjaknya harga APD akbit pandemi covid-19.

“Jadi kalau kita beli satu APD harganya mencapai 100 ribu lain ongkir, sementara biaya membuat sendiri ini kurang lebih 19 sampai 20 ribu, jadi kita membuat 5.220 APD itu menghemat sekitar 463 juta,” terangnya. (Mam)

Loading...

baca juga