D-ONENEWS.COM

Program Mudik Gratis BUMN, Ada Kuota untuk 80.215 Orang

Jakarta (DOC) – Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 sebentar lagi tiba. Budaya mudik atau kembali ke kampung halaman yang melekat pada perayaan hari raya di Tanah Air ini mendorong pemerintah hingga sejumlah institusi menyediakan program mudik gratis untuk memfasilitasi budayanya.

Pemerintah pun mendorong program mudik gratis sebagai salah satu cara menanggulangi penggunaan kendaraan pribadi yang membuat macet atau berpotensi kecelakaan lalu lintas pada periode Lebaran tersebut.

Salah satu lembaga menyediakan mudik gratis yakni Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN menyediakan kuota mudik gratis 80.215 pemudik dengan berbagai transportasi.

Ada 3 moda transportasi yang disediakan BUMN yakni 55.607 pemudik menggunakan 1.225 bus, 18.998 pemudik dengan armada 60 kereta api dan 5.610 pemudik armada 15 kapal laut. Program mudik gratis itu akan melibatkan 84 BUMN.

Untuk informasi jadwal flag off khusus moda transportasi bus akan dilakukan pada 3 April 2024 di Istora Senayan dan 4 April 2024 di Silang Monas. Namun pendaftaran ini baru segera dibuka untuk informasi lebih lanjutnya pantau semua media sosial BUMN lainnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub kembali menggelar program Angkutan Mudik Gratis dalam rangka menghadapi peningkatan pemudik Lebaran 2024, khususnya yang menggunakan sepeda motor.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program ini, dengan menawarkan pengangkutan gratis untuk penumpang dan sepeda motor.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujar Adita, melalui keterangan tertulisnya, dikutip Senin (4/3).

Adita menekankan pentingnya keselamatan, mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor karena risiko kecelakaannya tinggi. Dia berharap masyarakat memanfaatkan transportasi umum atau mengikut program mudik gratis yang disediakan.

“Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor,” lanjutnya.

Program Mudik Gratis melibatkan jalur darat, laut, dan kereta api, yang diselenggarakan di beberapa simpul transportasi.

Pada jalur darat, Ditjen Perhubungan Darat mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk” dengan pendaftaran melalui aplikasi Mitra Darat dari 5 Maret hingga 3 April 2024.

Adita menjelaskan, untuk arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Kemudian, keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakuan pada 14 dan 15 April 2024.

Lebih lanjut, untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut menghadirkan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut” dengan kuota 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor, berlangsung pada 3-17 April 2024.

Sedangkan di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api” dengan tiket dapat dibeli mulai 4 Maret hingga 18 April 2024. Arus mudik berlangsung 2-8 April, sementara arus balik pada 13-19 April 2024.

Kemenhub berharap lebih banyak lembaga dan perusahaan turut serta dalam program mudik gratis, dengan harapan dapat mengurangi jumlah pemudik sepeda motor, mengurangi risiko kecelakaan, dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Jika program mudik gratis semakin banyak, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan sehingga angka kecelakaan turun dan kepadatan di jalan berkurang.” tutur Adita. (tc)

Loading...