D-ONENEWS.COM

Salurkan Bantuan Bencana di Sukabumi, Mensos Ingatkan Keselamatan Kelompok Rentan

Sukabumi(DOC) – Hujan yang mengguyur Sukabumi, Jawa Barat, selama 4(empat) jam pada Kamis (17/2/2022) sore, membuat ratusan rumah dan sejumlah fasilitas umum terendam banjir. Jalan akses menuju ke pemukiman warga juga terendam air banjir.

Dikabarkan satu orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka, akibat peristiwa tersebut.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Jumat(18/02/2022) malam, mendatangi salah satu lokasi banjir di Kampung Tugu, Kelurahan Jaya Raksa, Kecamatan Baros, Sukabumi, Jawa Barat.

Ia menyalurkan bantuan logisitik tanggap darurat bencana senilai Rp 460.666.600. Kepada ahli waris korban bencana alam, Mensos juga memberi santunan senilai Rp 15.000.000 dan paket bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Mensos menyatakan, diwilayah Jawa Barat dan Banten terdapat beberapa daerah yang memiliki kelerengan, sehingga terjadi kemiringan yang bisa berdampak macam-macam. “Jadi kalau curah hujan impact-nya bisa longsor,” ungkap mantan Wali Kota Surabaya ini.

Kemudian air dari curah hujan yang tinggi, kata Mensos Risma, berhenti di suatu tempat yang memang kondisinya cekung, makanya bisa terendam banjir. “Jadi karena itu memang harus ada tingkat kewaspadaan yang tinggi saat musim hujan. Saat mendekati cuaca ekstrem,” tuturnya.

Kedepan, Ia berharap kepada seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat untuk selalu tanggap, bagaimana mengantisipasi munculnya korban jiwa dilokasi bencana. “Karena sering kali kemudian kita tidak tanggap. Kalau di sini kan (Sukabumi) kejadiannya sebenarnya yang bersangkutan itu sakit. Seingat saya, saya sudah membuat surat edaran cuman saat itu kondisi disabilitas dan lansia (lanjut usia),” kata Mensos.

Guna mengingatkan tim evakuasi, Mensos meminta di setiap rumah, bila ada yang sakit, penyandang disabilitas atau lansia diberi tanda khusus. Sehingga mempermudah penanganannya bila terjadi bencana.

“Karena biasanya kalau ada (bencana) itu, mereka kelompok rentan ini terlupakan,” tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran pemerintahan menerima bantuan dari Kemensos RI.

Bantuan tersebut berupa makanan siap saji 900 paket, makanan anak 420 paket, lauk pauk siap saji 1.000 paket, kids ware 200 paket, pakaian dewasa 200 paket, dan tenda gulung 100 lembar.

Bantuan lainnya adalah selimut 200 lembar, kasur 100 unit, velbed 10 unit, matras 100 paket, air minum kemasan 30 dus dan popok bayi 100 paket.

Dilokasi bencana Mensos Risma juga menyempatkan diri melihat permukiman warga yang porak-poranda akibat diterjang banjir. Saat di dapur umum Tagana, Mensos juga ikut membantu membungkusi makanan siap saji.(r7/hm)

Loading...

baca juga