D-ONENEWS.COM

Sosialisasi Pencegahan COVID-19 Digelar di Pasar Baru

Lumajang,(DOC) – Sosialisasi pencegahan merebaknya wabah corona (Covid-19) di Lumajang dilakukan unsur tiga pilar di Pasar Baru Lumajang, Selasa (24/3/2020) pagi.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati beserta Kapolres Lumajang, AKBP. Adewira Negara Siregar dan Dandim 0821/Lumajang Letkol Inf. Ahmad Fauzi

Kedatangan mereka untuk melakukan sosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona di Pasar Baru Lumajang.

Saat menemui puluhan warga di Pasar Baru Bupati Lumajang menyampaikan mengklarifikasi isu hoax mengenai penutupan pasar di Lumajang.

Bupati Thoriqul Haq menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan kebijakan penutupan pasar, namun meski begitu ia tetap mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker dan menerapkan social distancing agar terhindar dari kemungkinan terjangkit virus corona.

“Kalau ada yang bilang pasar ditutup itu bohong , hoax, pasar tetap berjalan sebagaimana biasanya namun tetap dilakukan langkah – langkah pencegahan,” ujar Bupati.

Sementara itu, Bunda Indah berpesan agar para pedagang maupun pembeli di pasar agar tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Ia juga menjelaskan bagaimana etika batuk dan bersin ketika berada di tempat umum. Bunda Indah meminta agar masyarakat tidak menggunakan telapak tangan untuk menutupi namun menggunakan tisu atau siku tangan dalam apabila batuk atau bersin.

“Jaga kebersihan, sesering mungkin cuci tangan, begitu dari pasar langsung cuci tangan, ganti baju kalau perlu mandi, jangan lupa kalau sholat berdoa supaya masyarakat dihindari dari virus corona dan segala penyakit,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar berpesan agar masyarakat membatasi bepergian untuk sementara waktu.

“Mohon bapak ibu lebih banyak berdiam diri di rumah, jangan banyak keluar rumah dulu, batasi bertemu dengan masyarakat dari luar daerah apalagi luar negeri, kalau ke pasar setelah dari pasar langsung kembali, makan makanan bergizi, perbanyak makan buah dan sayur, daun kelor ini bagus,” himbaunya.

Senada dengan Kapolres, Dandim 0821/Lumajang Letkol Ahmad Fauzi menjelaskan kepada masyarakat yang berada di pasar tentang bahaya virus corona dan upaya pencegahannya. Ia meminta agar masyarakat tetap waspada namun tidak panik.

“Jaga kebersihan, virus corona itu kecil tidak terlihat mata, kalau tertular tanda-tandanya batuk, pilek dan panas tinggi, kalau panas tinggi cepat periksa. Virus corona itu cepat menyebar bapak, ibu, jadi hati-hati dan gunakan masket supaya kita tidak tertular,” pungkasnya.(imam)

Loading...

baca juga