D-ONENEWS.COM

Sosialisasi Tanggap Bencana di Lokasi TMMD Desa Solor

Bondowoso,(DOC) – Perkiraan cuaca yang kurang menentu, seakan membuat seluruh pihak untuk mengambil langkah guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.
Seperti yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke-103 Bondowoso di lokasi TMMD desa Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso, saat ini. Rabu(31/10/2018) siang.
Dengan merangkul pihak BPBD Bondowoso, Pelda Yulizen mengungkapkan jika nantinya terdapat beberapa pembekalan materi tanggap bencana yang akan disampaikan ke masyarakat.
Selain materi membatasi dampak bencana, warga juga dibekali materi kesiapsiagaan, hingga respon bencana.
“Ada tujuh materi yang disampaikan oleh pihak BPBD,” tujas Yulizen.
Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kedaruratan BPBD Bondowoso menuturkan, materi ketujuh yang disampaikan oleh dirinya, dinilai sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat.
Selain pencarian, materi tersebut juga menjelaskan upaya pencarian para korban bencana alam. Winarto menjelaskan, materi tersebut, berisi tentang tata cara penyelamatan dan pencarian para korban bencana yang berlaku di International Search and Rescue Advisory Group atau Insarag.
“Upaya itu mampu mengidentifikasi daerah mana yang harus dituju, dan upaya apa yang harus dilakukan oleh tim SAR. Dalam hal ini, para warga yang ingin melakukan pertolongan kepada korban bencana alam,” ujar Winarto.(dre/r7)

Loading...

baca juga